Diskominfo KutimRagam

Ram Check Dishub Kutim Diapresiasi Organda

Upnews.id, Sangatta – Kegiatan Ram Check yang digelar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Timur (Kutim) di Terminal Sangatta, Selasa (18/4/2023) mendapat apresiasi seluruh sopir. Hal itu disampaikan Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sadam Husain kepada awak media saat ditemui di halaman Terminal Sangatta di Jalan Sangatta Bintang Kilometer 3.

“Kami mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh Dishub Kutim dan pihak kepolisian yakni kegiatan pengecekan kendaraan aman dan layak jalan,” ujarnya.

Baca Juga : Gubernur Kaltim Ingatkan Antisipasi Potensi Lonjakan Pandemi Jelang Mudik Lebaran

Ia menambahkan, pihak pun selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Dishub dari segala aspek yang sifatnya mendukung arus mudik jelang lebaran dan sesudahnya. Ia menegaskan organda hadir memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Agar masyarakat sampai ke kampung halaman dengan selamat,” jelasnya.

Senada, salah seorang sopir yakni Abdul Rahim mengutarakan jika kendaraannya di cek kelaikannya oleh Dishub menyampaikan kendaraannya dicek mulai dari kelengkapan lampu, surat-surat, ban dalam dan ban luar detail serta ban serep.

“Pokoknya semuanya dicek secara detail dan harus tersedia serta rapi,” ucapnya.

Ia berharap uji kendaraan ini bisa selalu digelar setiap tahunnya. Agar kendaraan-kendaraan yang beroperasi di Kota Sangatta maupun yang lintas kota betul-betul layak jalan. Juga mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“Kami dipesanin, agar tak ngebut-ngebut dalam berkendara dan melayani penumpang dengan sabar,” urainya.

Sebelumnya, usai kegiatan Ram Check, Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Kutim Abdul Muis mengatakan sebenarnya setiap enam bulan kendaraan-kendaraan yang berplat kuning selalu diuji kelaikannya.

Baca Juga : Arfan Beserta Anggota DPRD Akan Kaji Usulan Perda Hilir Mudik Bus Perusahaan

“Jadi mereka juga sudah melakukan rutinitas uji kir dalam kurun waktu 6 bulan,” terangnya.

Namun dilaksanakannya ini hanya memastikan saja, sebab jam terbang kendaraan-kendaraan ini dahulunya hanya sekali saja, karena adanya mudik lebaran menjadi intens bisa lebih dua kali.

“Karena adanya arus mudik, kita lakukan ram check. Tujuannya untuk keselamatan para penumpang bisa terjamin,” imbuhnya. (An/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button