DPRD SamarindaPendidikanSamarinda

Persiapan PPDB, Sani Minta Jumlah Sekolah Tiap Zonasi Mencukupi Calon Siswa

Upnews.id, Samarinda – Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun 2024/2025 ini, sistem zonasi diprediksi akan kembali diterapkan untuk menerima siswa baru.

Melihat hal itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sani Bin Husain meminta agar seluruh zona yang ada di Samarinda bisa memiliki jumlah sekolah yang mencukupi dengan jumlah calon siswa baru.

Baca Juga : DPRD Kutim Gelar RDP Terkait PPDB 2023

“Kita rencananya masih akan menggunakan sistem zonasi, jadi jangan sampai ada wilayah yang tidak ada sekolah. Itu tentu akan menyulitkan anak-anak kita, dan para orang tua,” ucapnya.

Ia meminta kepada Pemkot Samarinda, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Samarinda sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani urusan pendidikan untuk bisa mengevaluasi pelaksanaan PPDB di tahun-tahun sebelumnya.

Karena menurut Sani, kekurangan sekolah di beberapa wilayah di Samarinda sudah menjadi masalah yang berulang setiap pelaksanaan PPDB setiap awal tahun ajaran baru.

Sehingga banyak orang tua atau siswa yang mengalami kendala untuk memasukkan anak mereka ke satuan pendidikan jenjang selanjutnya.

Baca Juga :  SMA N 1 Balikpapan Menangkan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kota

Tak jarang juga ditemukan adanya anak yang terpaksa ketinggalan, karena belum juga mendapat sekolah.

“Pemerataan kuota ini harus dipertimbangkan. Karena ada sekolah yang over pendaftar, ada juga yang justru kekurangan,” pungkasnya. (*/Ir/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button