Samarinda

Komisi IV DPRD Kaltim Sambut Peningkatan Kemampuan Pelajar dan Tenaga Kerja Kaltim di Luar Negeri

Upnews.id, Samarinda – Komisi IV DPRD Kaltim mengadakan audiensi bersama sejumlah OPD terkait program peningkatan kemampuan serta keterampilan calon pelajar dan tenaga kerja yang ditempatkan di luar negeri (LN).

Acara itu dihadiri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim dan pengurus LPK Euroliasia Training Center.

Disela-sela acara, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi, menjelaskan, LPK Euroliasia Training Center merupakan salah satu wadah pencari lapangan kerja bagi anak-anak Kaltim baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

“Ada beberapa mahasiswa yang magang di Jepang kemudian digaji. Ada juga anak-anak SMK yang dikirim ke Turki lalu magang dan mendapatkan gaji di sana,” ungkapnya, kepada awak media, Kamis (27/4/2022).

Tujuan LPK Euroliasia Training Center meminta audiensi ini kata Reza, tidak lain ingin menjalin hubungan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

“Nah, tinggal bagaimana kita menyikapi. Kalau tanggapan dari beberapa OPD yang hadir pada hari ini, mereka menyambut positif kerja sama ini dan tinggal ditindaklanjuti kepala daerah saja,” terangnya.

Dalam rangka menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN), tentu saja program yang ditawarkan sangat menarik. Sebab, tambahan kompetensi ini dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kaltim.

“Kalau beasiswa kan bisa kita arahkan untuk lulusan SMK, yang kuliah bisa kita arahkan untuk magang dan bekerja di LN. Ini penting sekali untuk pelatihan dan pengembangan SDM pemuda pemudi yang ada di Kaltim,” tutupnya.(Adv/Tsn)

Baca Juga

Back to top button