Diskominfo KaltimPendidikanRagamSamarinda

Kaltim Bakal Miliki Bumi Perkemahan di Bukit Suharto

Upnews.id, Samarinda – Usai dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalimantan Timur. Isran Noor Gubernur Kaltim mengaku bakal membangun Bumi Perkemahan standar nasional hingga Internasional.

Bahkan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 500 hektar dikawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Suharto, untuk dijadikan lokasi pembangungan kawasan Bumi Perkemahan Kaltim. Hal itu juga guna menyongsong pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Bumi Etam Kalimantan Timur.

“Kami telah menyiapkan areal di kawasan Bukit Suharto, sedang diproses di kehutanan,” ujar Isran usai dilantik sebagai Ketua Mabida periode 2021-2026 pada Minggu (11/9/2022).

Baca Juga : Buwas Lantik Isran Noor Jadi Ketua Mabida Pramuka Kaltim

Terkait perlu atau tidaknya perubahan status lahan, karena dibangun di atas area berstatus hutan konservasi. Isran mengatakan bahwa ada dua opsi yang bisa digunakan terkait pemafaatan area tersebut.

“Bisa perubahan (status lahan), bisa juga pinjam pakai. Kan itu juga tidak merusak hutan,” tambahnya.

Untuk mematangkan rencana hadirnya Bumi Perkemahan Kaltim, Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Timur juga telah melakukan studi banding ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. (An/Dr)

Back to top button