Diskominfo KaltimNasional

Buwas Lantik Isran Noor Jadi Ketua Mabida Pramuka Kaltim

Upnews.id, Samarinda – Pengurus Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur masa bakti 2021-2026, secara resmi dilantik pada hari ini, minggu (11/09/2022) di Pendopo Odah Etam jalan Gajah Mada, Samarinda.

Pertama, pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kaltim yang diketuai oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Dilantik oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Selanjutnya pelantikan pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kaltim yang dinahkodai oleh Hj. Noor Baiti. Yang merupakan hasil Musyawarah Daerah (Musda) Kwarda Kaltim di Sangatta pada 26-27 November 2021 lalu.

Kehadiran Budi Waseso (Buwas) di Bumi Etam didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Dr Bachtiar, pimpinan Kwarnas dan Andalan Nasional Gerakan Pramuka. Juga guna melantik Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) yang diketuai oleh Fras Kris Tiwow.

Baca Juga : Noor Baiti Terpilih Secara Aklamasi Pimpin Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim

Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada jajaran Mabida, Kwarda dan LPK Gerakan Pramuka Kaltim masa bhakti 2021-2026 yang baru saja dilantik. Dirinya menyadari, Pandemi Covid-19 berdampak secara luas salah satunya pelantikan kepengurusan pramuka di Kaltim.

“Tentunya kami punya banyak harapan untuk seluruh wilayah, khususnya Kalimantan Timur yaitu tentang persiapan generasi muda yang akan datang melalui pendidikan kepramukaan,” jelas Budi Waseso kepada awak media.

Mantan Kabareskrim Polri itu menyebut, bahwa pramuka adalah salah satu cara untuk mendidikan generasi muda menjadi sosok yang memiliki integritas kebangsaan yang tinggi.

Baca Juga : Pemkab Lepas Kontingen Pramuka Kutim Ke Jambore Nasional

“Itu harus kita siapkan dari segala aspek, terutama yaitu melalui pendidikan keperamukaan. Itu harapan kita. Maka ini sesuai dengan undang-undang nomor 12 tahun 2010, jadi itu sudah di undang-undangkan. Jadi sebenarnya itu wajib untuk dilaksanakan,” sebutnya.

Gubernur Kaltim Dr. H. Isran Noor selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Kaltim mengucapkan selamat kepada pengurus Mabida, Kwarda dan LPK Gerakan Pramuka Kaltim yang baru saja dilantik. Dirinya berharap seluruh jajaran pengurus dapat mengemban amanah dan siap melaksanakan tugas serta tanggung jawab dengan baik untuk kemajuan dan kejayaan Pramuka Kaltim sekarang dan dimasa depan.

Baca Juga : Kwarcab Pramuka Kutim Gelar Pawai Obor

“Kepada para mantan pengurus, saya ucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini. Semoga menjadi amal ibadah dan mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah Subhanahu wata’ala, Tuhan Yang Maha Esa. Teruslah bekerja dan berbakti untuk Pramuka Kaltim sesuai dengan kemampuan masing-masing,” tutup Isran Noor.

Prosesi pelantikan tersebut juga dihadiri oleh seluruh pengurus Kwarcab Pramuka 10 Kabupaten/kota di Kaltim, kepala OPD serta undangan dari Forkopimda dan organisasi kepemudaan, kemasyarakatan. (An/Dr)

Back to top button