Diskominfo Kaltim

Kabar Baik Bagi Para Petani Lewat Dana KUR

upnews.id Samarinda-Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor diwakili Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Provinsi Kaltim Ujang Rachmad menghadiri Temu Koordinasi dan Penandatanganan Komitmen Bersama antara Mitra Pembiayaan dan Pelaku Usaha Agribisnis, di Ballroom Hotel Mercure Padang, Jumat 9 Juni 2023.

Acara digagas Kementerian Pertanian dirangkai komitmen kerja sama pengembangan usaha peternakan, dalam rangkaian Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Kegiatan yang diikuti perwakilan peserta Penas dan pejabat lingkup pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia, dihadiri Menteri Pertanian Profesor Syahrul Yasin Limpo, manajemen perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pimpinan lembaga perbankan.

Sebelumnya, Gubernur Isran Noor selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) melakukan penandatanganan komitmen bersama Menteri Pertanian Profesor Syahrul Yasin Limpo terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus bidang pertanian sebesar Rp100 miliar.

Untuk selanjutnya dana KUR masing-masing sebesar Rp100 miliar disalurkan ke 34 provinsi se-Indonesia.

“Ini patut kita syukuri,” ucap Gubernur Isran Noor usai penandatanganan komitmen bersama.

Penandatanganan komitmen menurut Gubernur, sebagai jaminan kemudahan dan mendorong petani untuk mengakses KUR dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN dan Bank BRI.

“Semoga setelah ini, kita semua, para kepala daerah bisa mendorong petaninya mengembangkan usahanya dengan dukungan KUR lembaga perbankan,” harapnya.

Diakuinya, selama ini tidak sedikit petani juga nelayan tidak paham dan tidak bisa mengakses dana KUR yang sudah disediakan Pemerintah melalui lembaga perbankan.

“Tadi sudah disepakati dan kita semua tanda tangan nilai KUR Rp100 miliar per provinsi, khusus kegiatan pertanian. Silakan diakses dan perbankan dibantu petani dan nelayannya,” harap orang nomor satu Benua Etam ini.

Tampak hadir mendampingi Plh Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Rini Susilawati. (adv/diskominfokaltim)

Baca Juga

Back to top button