Diskominfo Kukar

Cegah Penularan Virus Flu Burung, PPL di Kukar Semprot Kandang Unggas Milik Pengusaha dan Warga

Upnews.id, Tenggarong- Petugas penyuluh lapangan (PPL) menggelar penyemprotan disinfektan Virus Flu Burung.

Penyemprotan dilakukan di masing-masing kecamatan pada kandang-kandang unggas milik pengusaha dan warga.

Menyusul didapatinya unggas itik yang terjangkit Avian Influenza atau flu burung, yang disebabkan oleh virus influenza tipe A sub tipe H5N1.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kutai Kartanegara, Aji Gozali Rahman mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan untuk mewaspadai hewan ternak jenis unggas yang masuk dari Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Selama ini kita terus menjalankan disinfektan ke kandang-kandang milik peternak di seluruh Kukar,” ujarnya, Sabtu (8/4/2023).

Ia menambahkan, penyemprotan disinfektan akan dilakukan secara rutin untuk mengendalikan penyakit hewan di Kutai Kartanegara.

Aji Gazali pun mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan ternak unggas agar terhindar dari penyakit.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu mencegah penyebaran virus flu burung di Kukar,” ujarnya.

Kendati begitu, Aji Gazali menegaskan hingga kini belum ada ternak yang terjangkit flu burung di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Tapi tim kami di lapangan tetap pasang mata dan telinga memantau keadaan. Sampai sekarang belum ada dan Kaltim masih zona hijau,” imbuhnya

Sebagaimana diketahui, Kementerian Kesehatan meminta masyarakat mewaspadai Kejadian Luar Biasa (KLB) flu burung.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Kartanegara pun telah menyemprotkan disinfektan ke pasar-pasar unggas.

Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di lokasi-lokasi komunitas pemelihara ternak, petelur, hingga peternak khusus daging potong.

Untuk itu, Aji Gazali mengingatkan agar warga tidak perlu khawatir mengonsumsi daging unggas, ayam, maupun bebek. Sebab, hingga saat ini belum ada laporan kasus flu burung di Kukar. (adv)

Baca Juga

Back to top button