Diskominfo Kukar

Lebihi Target, Atlet Kempo Kukar Sumbang Medali di Ajang Dunia Untuk Indonesia

upnews.id TENGGARONG- Sebut melebihi target, atas medali dan keikutsertaan atlet-atlet dari Kutai Kertanegara (Kukar)di kejuaraan dunia, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin Wakil Bupati Kukar selaku Manajer Tim Kenshi Indonesia, mengaku bangga atas pencapaian Atlet-atlet Kempo Kukar saat mengikuti ajang World Taikai 2023 di Tokyo, Jepang.

Pasalnya, saat itu dirinya turut hadir menyaksikan langsung di Tokyo pada pekan lalu mengatakan, akan ada penghargaan atas kerja keras atlet, pelatih, serta official, yang telah membawa nama Kukar dan Indonesia harum di mata dunia.

Kontingen Indonesia yang terdiri dari 153 Kenshi mengikuti 19 nomor pertandingan dan meraih 4 emas, 3 perak dan 5 perunggu.

Dari total medali tersebut, atlet Kukar Kukar menyumbang 2 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu. Yaitu, Juara 1 Embu Pasangan Kyu Kenshi Putri, diraih Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizki Amalia.

Juara 1 Tandoku Kyu Kenshi Putra, oleh Gadang Mulyane Gusti. Juara 2 Embu Pasangan Putri, yaitu Nur Indah Ekayanti dan Yulia Sari.

Juara 3 Embu Pasangan Putra, Revy Pratama Syam dan Erik Syahputra. Serta, Juara 3 Embu Pasangan Kyu Kenshi Putra, Didi Rahim Ramadhan dan M. Fatur Rahman

Dirinya menyebut, akan memberikan apresiasi berupa penghargaan, dan ia mengajak untuk mengawal bersama-sama dianggaran 2024. Begitu juga secara pribadi ia berjanji akan memberikan penghargaan dan uang jajan untuk dibagi rata ke atlet-atlet kempo berprestasi tersebut.

Ke depan, pihaknya punya keinginan untuk menjadi tuan rumah di ajang Nasional maupun Internasional. Untuk upaya itu, ia mengaku sudah membangun komunikasi dengan pihak terkait, agar tahun depan Kukar bisa jadi tuan rumah kejuaraan Kempo.

“Ini untuk memotivasi pemuda Kukar khususnya, bahawa anak-anak daerah bisa berperstasi untuk Indonesia di kejuaraan dunia. Pembinaan ini akan terus berjalan berkelanjutan,” ujarnya, Selasa (17/10/2023).

Sementara itu, Ketua rombongan Kempo Kukar, Ahmad Zulfiansyah mengatakan, ia bersyukur atas apa yang berhasil diraih atlet-atlet Kukar di kancah internasional.

“Disini memang sarangnya, yang pasti kita sudah berupaya maksimal dan berhasil mendapatkan 2 emas, 1 perak, 2 perunggu, ini hal yang membanggakan dan harus disyukuri,” katanya.

Sebagaimana diketahui, tim Kempo Kukar yang berlaga di Jepang terdiri 30 atlet, 5 official, dan 6 pelatih. Rombongan dilepas Sekda Kukar, Sunggono di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Selasa (3/10/2023) lalu.

Atlet yang mengikuti kejuaraan kempo di Tokyo Jepang ini telah melewati beberapa tahapan.
Dan, prestasi yang telah diraih kemarin adalah lolos pada kualifikasi PON.

Sementara untuk yang Junior secara nasional Kukar mendapatkan posisi dua secara Nasional.
Event di Jepang tidak hanya untuk mengikuti kejuaraan saja, namun juga mengikuti study session, sekaligus ujian kenaikan tingkat. (adv)

Baca Juga

Back to top button