HeadlineKutai TimurNasional

Pemda Kutim Hibahkan KAL Kudungga ke TNI AL

Upnews.id, Sangatta – Disaksikan oleh masyarakat Desa Pulau Miang Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Bupati Ardiansyah Sulaiman atas nama pemerintah daerah secara resmi menghibahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Kudungga ke Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dalam hal ini Lanal Sangatta.

Kegiatan penyerahan KAL Kudungga di Pulau Miang pada (10/12/2022) itu dirangkai dengan Festival Pesona Kampung Bahari Nusantara Pulau Miang. Meskipun sebelumnya serah terima tersebut telah dilakukan di Kantor Bupati Kutim Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, yang ditandai penandatanganan dokumen hibah.

Prosesi hibah KAL Kudungga dan 5 unit mobil Mistusbishi Pajero Sport untuk operasional unsur Forkopimda pada Kamis (8/12/2022) itu, disaksikan oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekda Kutim Rizali Hadi, Kepala BPKAD Teddy Febriansyah serta beberapa pejabat lainnya.

Dihadapan masyarakat Pulau Miang, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengaku telah berkoordinasi dengan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sangatta. Meskipun KAL Kudungga telah diserahkan ke Angkatan Laut, namun untuk kegiatan sosial kemasyarakatan tetap dapat digunakan.

Baca Juga : Danlanal dan Bupati Buka Festival Pesona KBN Pulau Miang

“Hari ini secara simbolis KAL Kudungga sudah diserahkan ke TNI AL Kutim, tapi saya berbincang-bincang dengan beliau (Danlanal). Bukan berarti kapal ini eksklusif hanya untuk perah, nah tadi sudah disampaikan bagi kegiatan sosial, bagi masyarakat, stakeholder perusahaan yang ingin berkunjung ke Pulau Miang silahkan berkoordinasi dengan Lanal,” sebut Bupati.

Bupati menyebut, untuk menggunakan KAL Kudungga syaratnya cukup mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM). Maka dirinya mempersilahkan manajeman perusahaan di Kutim untuk menggunakannya menuju ke Pulau Miang.

Saat ke Pulau Miang, dirinya berharap agar pengunjung bermalam dan berbelanja. Sehingga perekonomian masyarakat dapat tumbuh dari sektor pariwisata bahari.

Baca Juga : Danlanal Sangatta Kunjungi Pulau Miang

Sementara itu, dalam sambutan Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin sebelum penyerahan menyebut. Dengan hadirnya KAL Kudungga dalam jajaran armada TNI AL bakal menambah kekuatan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) Angkatan Laut, dalam kegiatan operasi di wilayah perairan Kutai Timur.

“Disaksikan warga Pulau Miang, ini sejarah bagi kami. Tentunya saat saya menjabat sebagai Danlanal mendapat kapal perang ini,” sebut Danlanal.

Danlanal juga memastikan, KAL Kudungga dapat digunakan oleh masyarakat maupun stakeholder saat ada kegiatan sosial di wilayah pesisir Kutai Timur. (An/Dr-Adv Kominfo)

Baca Juga

Back to top button