Disdikbud Kaltim

TKTB XII 2022 se-Indonesia Resmi Digelar

Kadisdibud Dukung Ajang Perkenalkan Kesenian Khas Kaltim

 

Upnews.Id, Samarinda – Pawai kendaraan hias Temu Karya Taman Budaya (TKTB) XXI Tahun 2022 resmi dilepas, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi bersama Sekretaris Jenderal Direktorat Kebudayaan Kemendikbud RI, Fitra Arda didampingi Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan di Halaman Kantor Disdikbud Kaltim, Senin (19/9/2022) pagi.

Berjumlah 18 kontingen mobil hias dari berbagai provinsi mengikuti defile.

Defile diawali kontingen Taman Budaya Kalimantan Timur selaku tuan rumah diikuti 17 kontingen Taman Budaya provinsi lainnya di Indonesia.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kaltim, Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaannya menjadikan Kaltim sebagai tuan rumah TKTB XXI tahun ini.

“Kita bangsa yang besar dengan keberagaman seni dan budaya meliputi seluruh nusantara, maka kewajiban kita untuk menjaga, melestarikan bahkan mengembangkannya secara baik,” kata Wagub Hadi Mulyadi di hadapan ratusan peserta pawai hias.

Temu Karya Taman Budaya di Samarinda ini lanjutnya, tidak lain bagian dari silaturahmi nasional bagi pelaku dan penggiat budaya di Indonesia.

Selain itu, kegiatan nasional ini menjadi sangat penting sebab bagian dari menghidupkan perekonomian sekaligus melestarikan budaya bangsa.

“Semoga dalam pertemuan ini menjadi upaya bersama menjunjung tinggi kebesaran budaya bangsa yang sangat luar biasa, sehingga memberi dampak peningkatan ekonomi bangsa pasca dilanda pandemi selama dua tahun lalu,” harap orang nomor dua Benua Etam ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Direktorat Kebudayaan Kemendikbud RI Fitra Arda mengemukakan Temu Karya Taman Budaya sebagai upaya membuka ruang untuk bisa bersama-sama mengaktualisasikan diri mereka (penggiat dan pelaku budaya) untuk tetap berkarya.

“Di sisi lain mereka juga ikut terlibat dalam pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Ditambahkan Fitra Arda bahwa pihak kementerian selama ini memberikan bantuan kepada para pelaku dan penggiat budaya, tapi tidak dalam bentuk bantuan tunai.

“Kita bantu mereka melalui program. Ya nilainya kisaran Rp70 juta hingga Rp90 juta, sehingga mereka tetap berkarya dan menghasilkan karya-karya yang membanggakan, di samping tetap bisa mempekerjakan orang-orang yang ikut terlibat di dalamnya,” jelasnya.

Temu Karya Taman Budaya tahun ini diikuti 32 taman budaya se-Indonesia bertema Berkreasi Pulihkan Ekonomi Negeri, Jiwa dan Raga Spirit Nusantaraku digelar selama lima hari (19-23 September) dipusatkan di Taman Budaya  Samarinda.

Hadir Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Muhammad Kurniawan, Wakil Ketua TP PKK Kaltim Hj Erni Makmur, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, kepala dan perwakilan Taman Budaya dari 32 provinsi peserta TKTB 2022.

Adapun 18 provinsi pawai mobil hias dari 32 provinsi peserta TKTB 2022 yakni Kalimantan Timur (tuan rumah), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku, DI Yogyakarta, Bengkulu, Jawa Timur, Jawa Tengah, Aceh, Banten, Sulawesi Tenggara, Lampung, Jambi, Sulawesi Tengah, Riau dan Sulawesi Selatan.(Tsn/ADV/Disdikbud)

Back to top button