DPMPTSP KALTIM

DPMPTSP Kaltim Sebut Kaltim Bakal Dihujani Kerjasama Para Investor Asing

Upnews.Id, Samarinda – Ibu Kota Nusantara menjadi sorotan oleh negara asia yang berminat menanamkan modalnya. Sehingga tak sedikit pula keuntungan yang akan diperoleh oleh Daerah Kaltim nantinya sebagai kota penyanggah.

Adapun negara-negara yang telah menunjukkan minatnya yakni Jepang, China, Malaysia, Australia, Hongkong, dan Korea Selatan. Negara-negara tersebut telah melakukan penjajakan kerja sama berbagai bidang di Kalimantan Timur ( Kaltim).

Mulai dari Pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, pariwisata, pendidikan, kesehatan, transportasi maupun pengembangan teknologi lainnya.

Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto menyebut, penjajakan kerja sama dari beberapa negara diterima oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) maupun langsung ke Pemprov Kaltim melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Data dan informasi dari BKPM memang sudah ada beberapa negara yang melakukan penjajakan investasi di berbagai bidang di Kaltim, dan khususnya pembangunan di kawasan IKN,” kata Puguh baru-baru ini.

Puguh mengatakan pihaknya memang gencar melakukan promosi daerah di Kaltim dalam beberapa pameran yang dilaksanakan. Sehingga menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Kaltim, khususnya di IKN Nusantara maupun daerah penyangga.

“Kita selalu terbuka, kepada siapa saja yang ingin berinvestasi di Kaltim maupun untuk pembangunan IKN. Termasuk investasi berbagai sektor pada daerah penyangga IKN,” jelasnya.

Kata dia, dalam pembangunan IKN di Kaltim harus dengan konsep sustainable green city. Tujuannya, untuk membangun sebuah kota yang tetap berwawasan dan menjaga lingkungan.

“Sehingga keberadaan IKN bukan saja kepentingan Indonesia. Tetapi juga milik bangsa-bangsa dunia. Pembangunan IKN tersebut akan menjadi peluang para investor untuk berinvestasi dari berbagai negara,” pungkasnya. (Tsn/ADV/DPMPTSP)

Baca Juga

Back to top button