Pendidikan

STAIS Gelar Pelatihan Mendeley untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Upnews.id, Sangatta – Guna meningkatkan kualitas penelitian bagi mahasiswanya, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (STAIS), menggelar pelatihan Mendeley.

Mendeley merupakan program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier, untuk mengelola dan mencari berbagi makalah penelitian, serta dapat bekerja sama secara daring.

Pelatihan dilaksanakan di gedung jurusan Syariah, Kampus STAIS Jalan Soekarno-Hatta, Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Berlangsung selama dua hari dari 8-9 Mei 2023, dan diperuntukan bagi mahasiswa tingkat akhir, khususnya dari Fakultas Syariah.

Pelatihan yang diikuti oleh 55 mahasiswa program studi Ekonomi Syariah dan Ahwal Syakhsiyyah itu, dibuka langsung oleh Ketua STAI Sangatta Dr. Satriah, M.Pd.

Hadir pula pada acara pembukaan, Ketua Jurusan Syariah Achmad Fahruddin, M.S.I, Ketua Prodi Manajmen Pendidikan Islam (MPI) Mahfud Ifendi, Sekretaris Jurusan Tarbiyah sekaligus pemateri Ramdanil Mubarok.

Baca Juga : Ratusan Mahasiswa STAIS Jalani KKL di Bengalon

“Mendeley merupakan sebuah aplikasi digital yang memudahkan mahasiswa untuk membuat manajemen referensi. Juga dapat digunakan sebagai perpustakaan digital,” ungkap Kajur Syariah Achmad Fahruddin.

Selain meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa, pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley juga guna memberikan pemahaman tentang manajemen referensi. Serta memberikan pemahaman tentang tata cara penggunaan aplikasi mendeley dan penerapannya dalam skripsi.

Baca Juga : Faizal Rachman Minta Hibah Ke STAIS Dan STIPER Jadi Beasiswa

Dengan harapan, mahasiswa khususnya jurusan syariah dapat meningkatkan kulitas penelitiannya. Sehingga akhir dari hasil penelitian tersebut dapat dipublikasikan dalam jurnal bereputasi.

“Semoga pelatihan serupa dapat diadakan secara berkala kedepannya, untuk membantu mahasiswa meningkatkan kualitas penelitiannya”. Tutupnya kepada awak media Upnews.id. (Ir/Dr)

Baca Juga

Back to top button