Kutai Timur

Sejumlah Dinas di Kutim Kembali di Gabung, Ini Alasannya

upnews.id Sangatta-Sekretaris Kabupaten Irawansyah tidak menolak rencana penggabungan OPD itu. Diantaranya i Dinas Ketahanan Pangan yang akan digabung ke Dinas Pertanian. Lalu Dinas Kebudayaan ke Dinas Pariwisatan atau kembali ke Dinas Pendidikan.
“Semua tergantung hasil kajian. Tugas Ortal yang akan dikoordinir langsung bupati,” ucapnya.
Dirinya menambahkan, tidak terkecuali UPTD. Pengabungan itu selain menyesuaikan dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Juga sebagai efisiensi anggaran agar kinerja lebih optimal.
“Wilayah kecamatan berdekatan bisa UPTD Pendidikan bisa dijadikan satu,” katanya beberapa waktu lalu
Irawansyah menegaskan terkait kapan waktu pengambungan tersebut belum dapat dipastikan. Mengingat posisinya masih dalam tahap pembahasan dan pengkajian oleh Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Sekretariat Pemkab Kutim.
“Saya belum ada informasi jelas kapan dilaksanakan. Pembahasan ada di Bagian Ortal langsung bersama bupati,” ucap mantan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian ini
Di Kesempatan berbeda, Kepala Bagian Ortal Sekretariat Pemkab Kutim, Simon Salombe menjelaskan OPD yang akan dilakukan perampingan masih kajian dan penilaian. Dinilai berdasarkan peringkat dan beban kerja OPD.
“Mulanya OPD Kelas A. Setelah dinilai bisa menjadi Kelas B. Semuanya berdasarkan variabel yang ditetapkan di PP (Peraturan Pemerintah) 18/2016 tentang Perangkat Daerah,” bebernya
Pihaknya masih melakukan evaluasi ke tiap OPD. Pembahasan juga berkoordinasi dengan Bupati Kutim.
“Jadi perlu waktu. Termasuk keputusan bupati,” terangnya.

Baca Juga

Back to top button