Diskominfo Kukar

Pemkab Kukar Siapkan MTQ, Pertahankan Qori dan Qoriah Berprestasi di Kukar

upnews.id TENGGARONG- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) siapkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten ke-44. Ajang ini sebagai upaya agar Kukar terus memiliki qori dan qoriah berprestasi dalam perlombaan MTQ, tidak hanya di tingkat kabupaten, tetapi juga nasional.

Kegiatan itu direncanakan akan digelar pada November 2023 mendatang, di Kecamatan Kota Bangun Darat.

Menjelang kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kabupaten tersebut, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah memiliki sejumlah harapan, yang dia sampaikan pada hari Minggu (29/10/2023).

Salah satunya adalah harapan agar pihak kelurahan dan desa di Kukar terus berperan aktif dalam melakukan pembinaan qori dan qoriah.

“Oleh sebab itu, kami himbau para lurah dan kepala desa (kades) turut berperan dalam pembinaan qori dan qoriah di wilayah masing-masing,” tuturnya.

Tak hanya itu, Lurah dan Kepala Desa juga diinstruksikan olehnya untuk memfasilitasi pembinaan qori dan qoriah melalui pengurus masjid di daerah mereka.

“Kita juga harus hadir di tengah masyarakat untuk memberikan dorongan motivasi terkait pembinaan-pembinaan di bidang keagamaan,” sebutnya.

Hingga saat ini, Pemkab Kukar melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) terus melakukan pembinaan. Pembinaan dilakukan melalui program gerakan masyarakat mengaji (Gema) yang sudah menjadi kebijakan, juga dipastikan terus berjalan.

Gema pun dianggap sebagai penguatan dan bentuk kehadiran Pemkab dalam pembinaan Tilawatil Quran. Tidak hanya memberikan pembinaan, tetapi juga pelatihan-pelatihan khusus. Berkat semua itu, banyak prestasi telah diraih oleh Kukar.

“Dan itu adalah contoh pembinaan yang dilakukan bersama-sama oleh semua pihak,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button