Diskominfo Kukar

Bumdes Benua Puhun Fokus Garap Usaha Perkebunan Sawit, Berikan Manfaat kepada Ratusan KK

Upnews.id, Tenggarong – BUMDes Benua Puhun, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara, kini fokus menggarap usaha yang berhubungan dengan perkebunan kelapa sawit.

Saat ini, masyarakat Desa Benua Puhun pun mulai menjalin kerjasama kemitraan plasma dengan salah satu perusahaan kelapa sawit di wilayah setempat.

“Usaha yang digeluti BUMDes, ada pada jasa angkut perkebunan kelapa sawit, serta usaha jasa lainnya,” ujar Kepala Desa Benua Puhun, Ardinansyah, Rabu (26/4/2023).

Kemitraan bersama PT Prima Mitra Jaya Mandiri yang sudah terjalin sejak tahun 2009 ini memberikan manfaat kepada 634 Kepala Keluarga (KK) di Desa Benua Puhun.

“Di tempat kami ada tanam sawit yang sudah panen menghasilkan setidaknya Rp 3 juta per KK saat ini,” imbuh laki-laki yang akrab disapa Haji Nan tersebut.

Menurutnya, eksintensi keberadaan BUMDes Benua Puhun sudah berjalan dan memperoleh keuntungan. Sehingga menjadi Pendapatan Asli Desa yang dimasukan ke APBDes.

Berdasarkan catatan yang dilaporkan ke pihak kecamatan, usaha yang digeluti BUMDes Benua Puhun ini berupa jasa angkut angkut sawit dan CPO.

Bahkan dikembangkan juga ke sektor jasa lainnya, yang juga memberikan dampat perekonomian bagi masyarakat Benua Puhun. (adv)

Baca Juga

Back to top button