DPRD SamarindaSamarinda

Laila Nilai Kelangkaan Beras Premium Jadi Berkah Bagi Petani Lokal

Upnews.id, Samarinda – Beras Premium mengalami kelangkaan di Kota Samarinda menjelang bulan suci Ramadan. Kelanggkaan itu menurut Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatihah dapat dijadikan jalan guna memasarkan beras lokal. Sehingga petani-petani Samarinda dan sekitarnya juga dapat masuk pasar.

“Beras premium yang langka sebenarnya memberikan keuntungan kepada petani lokal kita. Masyarakat yang tadinya pakai beras premium mulai beralih ke beras lokal dari gunung, yang akhirnya memberikan keuntungan bagi petani daerah kita,” ucap Laila.

Baca Juga : 19.246 KPM Kukar Terima Bansos 10 Kilogram Beras

Sementara itu, berkaitan dengan kenaikan harga pada sejumlah komoditas bahan pokok, Laila meminta masyarakat untuk bijak dalam membeli bahan pokok. “Beli saja sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu sampai stok,” tambahnya.

Ia menyebut kelangkaan dan kenaikan harga memang umum terjadi menjelang momentum Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Seperti perayaan Tahun Baru Nyepi, dan awal mula bulan Ramadan tahun 2024.

Namun menurutnya, situasi ini bisa dikendalikan jika masyarakat tidak panik. Pasalnya kepanikan akan mendorong masyarakat untuk membeli di luar jumlah kebutuhannya.

Sehingga stok di pasaran semakin sedikit, dan membuat kelangkaan pada beberapa komoditas bapokting.

Baca Juga : DPD NasDem Kutim Bantu 1 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Untuk potensi kenaikan harga di Bulan Ramadan, ia menyebut pemerintah telah menyediakan pasar penyeimbang yang menjadi kontrol.

Dengan adanya langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat Samarinda dapat tetap tenang dan berbelanja dengan bijak, sementara para petani lokal semakin terdorong untuk berkembang dan memenuhi kebutuhan pangan kota. (*/Ir/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button