Diskominfo Kaltim

Isran Sebut Kebun Sawit Rakyat Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

upnews.id Samarinda- Gubernur Kaltim H Isran  Noor menegaskan produksi kelapa sawit sukses mengantarkan Indonesia menjadi peringkat pertama  penghasil komoditas perkebunan di dunia.

Perkebunan kelapa sawit  secara langsung memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi, sosial dan lingkungan.  Termasuk juga dengan pengembangan kebun sawit rakyat.

“Kita yakin, kebun sawit rakyat ini mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Isran Noor saat menghadiri Lokakarya Pengawalan dan Pengembangan Perkebunan Sawit Rakyat (PSR) Berbasis Koperasi di Ballroom Hotel Kyriad Bumiminang Padang, Sumatera Barat, Senin (12/6/2023).

Ditambahkan Gubernur, dalam beberapa tahun terakhir kelapa sawit menjadi komoditas utama perkebunan nasional. Industri kelapa sawit juga membuka lapangan pekerjaan yang luas terutama kepada masyarakat di sekitar perkebunan.

Karenanya, ketua umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini meminta para penyuluh pertanian agar lebih peka dan mampu memgembangkan diri dengan meningkatkan kapasitas. Bahkan bukan hanya untuk komoditi kelapa sawit, tapi juga komoditi lainnya.

Dari lokakarya ini, Gubernur sangat berharap akan ada rumusan  inovatif penyuluh dari seluruh Indonesia untuk pengembangan kebun sawit, khususnya kebun sawit rakyat.

Lokakarya ini merupakan rangkaian Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan Indonesia 2023 dan Kongres Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) VIII Tahun 2023.

Sementara Kongres Perhiptani yang digelar Minggu (11/6/2023), Gubernur Isran Noor kembali didaulat memimpin organisasi para penyuluh pertanian se-Indonesia itu untuk periode 2023-2028.

“Semoga lokakarya ini memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kita sebagai penyuluh, khususnya berkaitan pengembangan komoditi kelapa sawit,” harapnya.

Lokakarya dihadiri 700 peserta dari perwakilan peserta Penas KTNA dan anggota/pengurus Perhiptani seluruh Indonesia, menghadirkan narasumber Direktur PPKS Helmi dan Ketua Harian DPP Perhiptani Fathan.

Tampak hadir Ketua DPW Perhiptani Sumatera Barat Salman, Dewan Penasihat Perhiptani Prof Dr Sadik Padagigu, Pembina DPP Perhiptani/Ketua DPW Perhiptani Sumatera Utara Dr Sukirman, Ketua DPW/DPD Perhiptani serta KTNA seluruh Indonesia.

Hadir mendampingi Gubernur, Asisten Perekonomian dan Adminiatrasi Pembangunan Sekda Provinsi Kaltim Ujang Rachmad, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikuktura Siti Farisyah Yana, Kepala Dinas Kehutanan Joko Istanto, Kepala Dinas Perkebunan Ahmad Muzakkir, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Irhan Hukmaidy, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Fahmi Himawan, serta Kepala Biro Ekonomi Setda Provinsi Kaltim Iwan Darmawan dan Kepala UPTD BPPSDMP Sempaja Tri Ida. (adv/diskominfokaltim)

Baca Juga

Back to top button