DPMPTSP KALTIMKaltim

Hadir di HLM RIRU Kaltim 2022, Puguh Harjanto Ingin Perkuat Sinergi Investasi Kaltim Jangka Panjang

Upnews.id, Samarinda – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltim perkuat koordinasi perumusan strategi dan implementasi kebijakan Pemprov Kaltim yang ramah investasi.

Hal ini dilakukan melalui kegiatan High Level Meeting Regional Investor Relations Unit (HLM-RIRU) yang merupakan agenda besutan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kaltim, belum lama ini.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk koordinasi antar pemerintah daerah sesuai arahan Gubernur Kaltim. Sekaligus dalam rangka strategi pengelolaan investasi daerah, memperkuat kelembagaan RIRU, menentukan flagship program RIRU tahun 2023. Serta, optimalisasi fungsi masing–masing OPD yang terlibat dalam RIRU dan diseminasi program kerja RIRU Kaltim 2022 maupun ke depan.

Dalam kesempatan itu, Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto memaparkan, bahwa antar pemangku kebijakan perlu memperkuat sinergi dalam RIRU Kaltim 2022. Karena, RIRU Kaltim memiliki fungsi strategis dalam mengembangan pertumbuhan ekonomi Kaltim.

Selain itu, ia menekankan, pentingnya komitmen dan dukungan semua pihak, hususnya kepala daerah. Untuk dapat menggali potensi lokal masing-masing kabupaten/kota. Hal ini dapat dimulai dengan mempersiapkan proyek investasi yang layak tawar dan menarik dari sudut pandang investor.

Baca juga:  Pemprov Kaltim Unggul Dalam Peningkatan Eksopr Nonmigas

“Tidak hanya itu, forum ini juga diharapkan dapat menjadi wadah koordinasi, komunikasi dan perumusan kebijakan. Terkait investasi, perdagangan, industri dan pariwisata. Sehingga, di masa mendatang Kaltim dapat tumbuh stabil dan berkelanjutan,” tuturnya.

Sebagai informasi, HLM-RIRU Kaltim membahas sedikitnya tiga strategi untuk penguatan perekonomian Kaltim dalam jangka panjang. Yakni,  melalui pengembangan hilirisasi berbasis sumber daya alam (SDA) pada komoditas unggulan Kaltim (batu bara, kelapa sawit, dan komoditas lainnya).

Kemudian, pengembangan pariwisata unggulan dengan fokus 3A (akses, atraksi, dan amenitas), serta memperkuat UMKM yang berdaya saing melalui penguatan korporatisasi, peningkatan kapasitas dan peningkatan akses pembiayaan untuk mendorong UMKM Go Export. Selain itu, penguatan Kawasan Industri/Kawasan Ekonomi Khusus (KI/KEK) juga sangat krusial dalam mendorong investasi pada industri pengolahan di Kaltim.

Dalam kesempatan ini, Puguh Harjanto hadir dengan didampingi Kabid Perencanaan Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Riawati, Kabid Promosi Penanaman Modal Noer Adenany dan Kasi Pemberdayaan Dunia Usaha, Nino Rozaldi.

Baca juga:  Sarkowi Sebut Akan Bentuk Pansus Evaluasi CSR Perusahaan di Kaltim

Agenda RIRU Kaltim juga turut dirangkai dengan penyerahan penghargaan 3 Kabupaten dengan dokumen Pra-FS terbaik yakni Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Berau dan Kabupaten Kutai Barat.

Acara dihadiri oleh seluruh kepala daerah kabupaten/kota di Kaltim. Baik secara daring maupun luring. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di bidang penanaman modal, industri, perdagangan, pariwisata dan lainnya. Baik di tingkat provinsi, kota maupun kabupaten, serta himpunan pengusaha (KADIN dan HIPMI), akademisi, serta media massa. (*/adv/dpmptspkaltim/rj/drh)

Back to top button