DPMPTSP KALTIMKaltim

DPMPTSP Kaltim Siapkan Sektor Pariwisata dan Pertanian Jadi Peluang Investasi Unggulan di Luar Pertambangan

Upnews.id, Samarinda – Persaingan antar daerah yang semakin tinggi menyebabkan pentingnya promosi dalam meningkatkan investasi. Wilayah Kalimantan Timur yang tersebar luas mengakibatkan perlunya sarana yang tepat dalam memperkenalkan Kaltim termasuk segala potensi-potensi yang ada.

Hal ini seiring dengan penurunan Covid-19 yang kembali membebaskan ruang gerak dan menandai pemulihan ekonomi Kaltim. Oleh karena itu, investasi perlu didorong agar kembali tumbuh dan berdampak bagi peningkatan ekonomi kerakyatan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltim Puguh Harjanto memastikan, strategi promosi investasi yang efektif terus digiatkan. Tidak hanya melalui sejumlah expo, namun DPMPTSP Kaltim juga terus menggalakkan sarana promosi melalui sejumlah kegiatan.

“Terkait investasi pada tahun 2022, DPMPTSP Kaltim fokus mengawal sektor unggulan dan sektor strategis, yakni pariwisata & pertanian, selaras dengan strategi pemerintah pusat. Sedangkan untuk sektor unggulan fokus pada minyak dan gas, CPO, batubara ke arah smelter, ” terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan pemetaan peluang investasi di setiap kabupaten/kota di Kaltim. Dari Samarinda sebagai ibukota Kaltim, hingga Kabupaten Berau dengan peluang investasi di masing-masing daerah.

“Kami juga selalu memfasilitasi komunikasi melalui website kami. Di dalam website tidak hanya dapat mengakses peluang investasi, namun juga terkait alur perizinannya,” terangnya.

Meskipun, ia mengakui, infrastruktur dalam sektor transportasi masih menjadi permasalahan krusial dalam menarik investor. Sehingga, ke depannya DPMPTSP Kaltim berharap ada dukungan dari pemerintah pusat dalam memperhatikan infrastruktur jalan di Kaltim.

“Kami berharap, selain dukungan pusat, juga OPD pemprov, kabupaten/kota, semoga bisa lebih maksimal,” ujar Puguh Harjanto. (*/adv/dpmptspkaltim/rj/drh)

Back to top button