DPMPTSP KALTIMKaltim

Optimalkan dan Dekatkan Layanan Perizinan, DPMPTSP Kaltim Buka Gerai di MPP Balikpapan

Upnews.id, Samarinda – Digitalisasi sejatinya hadir untuk mempermudah layanan informasi tanpa harus tatap muka. Sehingga, akses informasi bisa diakses dimanapun dan kapanpun. DPMPTSP Kalttim menghadirkan inovasil dengan menyiapkan layanan perizinan dengan membuka MPP Balikpapan.

Namun, kerapkali layanan digital membuat sebagian pengguna merasa tidak nyaman. Bahkan, lebih mengutamakan pertemuan secara tatap muka dalam memperoleh informasi.

Hal inipun menjadi perhatian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltim. Setiap masukan dipastikan menjadi bahan evaluasi untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat.

Kepala DPMPTSP Kaltim mengatakan, pihaknya mulai membuka gerai Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balikpapan. Kehadiran MPP Balikpapan ini adalah sebagai upaya memaksimalkan pelayanan PTSP.

“Karena ada pelaku usaha yang lebih suka kalau bertemu langsung. Meskipun ada layanan E-PTSP. Oleh karena itu, kami juga melayani offline atau tatap muka bagi masyarakat yang memerlukan konsultasi langsung,” ungkapnya.

PTSP merupakan kegiatan penyelenggaraan perizinan yang proses pengelolaannya di mulai dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen. Dilayani melalui satu pintu dan dilakukan dalam satu tempat.

Program ini salah satu upaya pemerintah dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan izin usaha di daerah. Serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang cepat dan mudah, murah, transparan, pasti dan terjangkau.

“Sehingga masyarakat dapat mengakses layanan PTSP secara online dan offline. Artinya, birokrasi perizinan yang selama ini terasa panjang dan sulit, dengan kehadiran layanan ini, membantu masyarakat,” ujarnya. (*/adv/dpmptspkaltim/rj/drh)

Back to top button