DPRD KutimOlahraga

Faizal Rachman Usulkan Pembangunan Padepokan Silat di Kutim

Upnews.id, Sangatta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Faizal Rachman, mengusulkan kepada Pemerintah Kutim untuk pengadaan lahan guna pembangunan padepokan pencak silat di Kutai Timur.

Hal tersebut disampaikan Faizal saat ditemui oleh rekan media di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kudungga usai pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Pra Junior dan Junior di Jalan Soekarno Hatta, Jumat (07/07/2023).

Baca Juga : Wakil Bupati Buka Kejuaraan IPSI Kutim Cup 2023

Salah-satu anggota DPRD Kutim tersebut Faizal Rahman mengatakan bahwa Pencak silat, salah satu cabang olahraga dari Indonesia dan sudah ada di Kutai Timur, namun di Kutai Timur belum memiliki padepokan khusus pencak silat.

“Seperti di kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan Timur, misalnya Kutai Kartanegara telah memiliki padepokan khusus pencak silat,” ungkapnya.

Lanjutnya, tahun ini Pemkab Kutim dapat menganggarkan terkait pengadaan lahan untuk pembangunan padepokan pencak silat.

“Mudah-mudahan paling tidak sebelum ke yang lain-lainnya kita punya tanah dulu, ya untuk dijadikan padepokan. Lalu padepokan pencak silat itu untuk nanti proses sarpras perbaikan kualitas atlet kita,” sebut Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut

Pihaknya juga mengatakan, padepokan yang dimaksud bisa digunakan untuk pembinaan para atlet pencak silat di Kutai Timur. Dimana dari 15 perguruan yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kutim bisa secara bergantian memakainya.

Atau bisa juga padepokan tersebut nantinya digunakan untuk even pertandingan persahabatan antar perguruan dan bisa dilakukan secara periodik.

Baca Juga : Buka Silaturahmi DPP IKAPTK Kaltim, Sekda Kaltim: Alumni PTK Menjadi Pionir di Lingkungan Kerja

Sebab, pembinaan atlet tidak hanya berupa teori saja, namun perlu dibiasakan mengikuti pertandingan di dalam arena.

“Padepokan tadi bisa digunakan untuk sarana berlatih tanding, kalaupun tidak ada event, ya dibuat tanding persahabatan antar perguruan,” imbuhnya.

Oleh karenanya, ia berharap perencanaan pengadaan lahan dapat dilakukan di tahun 2023 ini. Dan di tahun 2024 nanti Kutai Timur bisa punya lahan untuk membangun padepokan pencak silat.

Mendapat usulan dari anggota DPRD Kutim yang sekaligus ketua umum IPSI Kutim, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang menyambut baik.

“Karena kita menilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kutai Timur tahun ini cukup besar, mencapai Rp5,9 triliun,” ungkap Kasmidi.

Baca Juga : Terpilih Ketua IPSI Kutim, Faisal Akan Tingkatkan Kualitas Atlitnya

Wabup berharap dengan adanya padepokan tersebut dapat mengalihkan kegiatan anak-anak Kutai Timur ke hal yang positif khususnya bidang olahraga.

“Insyaallah, kita punya APBD yang besar, kenapa tidak?. Selama untuk pembinaan sumber daya manusia kenapa tidak,” tutupnya. (Ir/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button