HeadlineKutai TimurRagam

Event Pelestari Budaya di Kutim Harus Tetap Berkelanjutan

Ucap Terimakasih kepada semua pihak, Terutama PT.KPC

Upnews.id, Sangatta – Rasa bangga terpancar dari raut wajah Kepala Adat Besar Kutai Timur (ABK) Sayid Abdal Nanang Alhasani. Lantaran pada awal tahun 2020 ini, salah satu kegiatan pelestari budaya yang digagas olehnya yakni Pesta Adat Pelas Tanah. Masuk dalam Calender Of Events Provinsi Kalimantan Timur 2020, yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata Pemprov Kaltim baru-baru ini.
Pelas Tanah sebagai bentuk pembersihan kampung serta pelestarian adat istiadat leluhur yang berjalan sejak tahun 2016 itu. Diyakini oleh Ketua ABK tidak mungkin dapat berjalan berkelanjutan tanpa adanya support dari berbagai pihak.
“Saya selaku Kepala Adat Besar Kutai Timur mengucapkan terima kasih kepada stakeholder, serta para sponsor yang selama ini telah all out membantu mensukseskan Pelas Tanah. Terutama PT. KPC yang selama ini sebagai sponsor utama.” Ujar Abdal.
Abdal menambahkan, ada pula beberapa perusahaan yang selama ini selalu memberikan support kepada panitia Pesta Adat Pelas Tanah dari tahun-tahun, seperti PT. Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field, PT. Pama Persada Nusantara, PT.Thiess serta sponsor lain yang tak dapat disebutkan satu persatu.
Selain itu, Sayid Abdal nanang juga tak menampik jika kesuksesan Pelas Tanah ini, berkat adanya dukungan dari seluruh paguyuban dan komunitas di Kutai Timur. Serta kaum milenial sebagai agen penerus budaya yang turut ambil bagian dalam Pesta Adat tersebut.
“Saya berharap sinergisitas seluruh unsur ini dapat terus dipertahankan, sehingga Pesta Adat Pelas Tanah ini dapat terus terselenggara, sehingga benar-benar dapat menjadi pelestari budaya kita.” Tutup Abdal.(Nz)

Baca Juga

Back to top button