Diskominfo Kukar

Desa Jonggon Jaya Akan Punya Pabrik Jahe Baru

upnews.id TENGGARONG- Desa Jonggon Jaya Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan punya pabrik jahe baru.

Mengenai itu Kepala Desa (Kades) Jonggon Jaya, Muhammad Kholil Jumat (3/11/2023)
mengatakan, pabrik produksi tersebut hanya tinggal menunggu waktu untuk mulai beroperasi.

Kabar ini pun membawa angin segar bagi para petani jahe di Desa Jonggon Jaya setelah beberapa waktu ke belakang, semangat para petani jahe sempat melempem karena jatuhnya harga jahe dan virus yang belum bisa ditemukan solusinya.

“Ini sebagian petani sudah mulai semangat lagi untuk menanam,” katanya.

Ia menuturkan, beberapa petani sudah mulai membuka lahan untuk menanam jahe. Beriringan dengan curah hujan yang sudah mulai turun setelah beberapa bulan ke belakang dilanda kemarau.

Dirinya menambahkan, semangat para petani untuk kembali menanam jahe ini juga dirangsang dengan penyaluran bantuan berupa bibit jahe, yang disalurkan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar).

“Alhamdulilah, kemaren juga ada bantuan bibit jahe 10 ton dari Distanak Kukar,” ujarnya.

Dengan adanya Pembangunan Rumah Produksi Bersama (RPB) ini, ia berharap dapat meningkatkan perekonomian para petani jahe di desanya. Apalagi memang Desa Jonggon Jaya dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil jahe yang cukup besar di Kukar.

“Mudah-Mudahan dengan adanya RPB ini harga jahe bisa stabil, jadi petaninya juga bisa sejahtera dan semangat menanam. Karena kan nanam jahe ini juga cukup sulit perawatannya,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button