Diskominfo Kukar

Siap Diatur Pemerintah Otorita, Loa Kulu Siapkan Bahan Pangan Untuk IKN

upnews.id TENGGARONG- Wilayah Kecamatan Loa Kulu, yang berbatasan langsung dengan IKN telah siap untuk diatur oleh pemerintah otorita.

Untuk menyambut itu, Kecamatan Loa Kulu telah memulai pengembangan, sebagai bagian dari kegiatan strategis yang didukung oleh pemerintah pusat melalui Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kecamatan yang berpenduduk sekitar 51.639 jiwa ini siap menjadi salah satu daerah penopang pangan di IKN nantinya.

Menjadi bagian dari Ibu Kota Nusantara (IKN), Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki segudang potensi di sektor pertanian dalam arti luas.

Bupati Kukar, Edi Damansyah pun telah mendorong agar Kukar menjadi mitra IKN sehingga bisa berperan aktif dalam pembangunan infrastruktur pertanian.

Ditemui Sabtu (14/10/2023), Camat Loa Kulu Adriansyah mengatakan, Kecamatan Loa Kulu memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan pangan di IKN.

Hal ini sejalan dengan komitmen Kukar untuk menjadi lumbung pangan bagi IKN.
“Loa Kulu siap mendukung IKN dengan penyediaan pangan dari sektor pertanian, peternakan, perkebunan, hingga perikanan,” katanya.

Ia menyebut, Langkah-langkah yang diambil termasuk penataan ruang dan wilayah, serta pengembangan SDM, sudah siap untuk menghadapi kedatangan penduduk baru ke IKN.

“Jadi, nantinya Loa Kulu akan ditata oleh otorita IKN. Kita tinggal menunggu waktu kapan Otorita IKN akan melanjutkan pengembangan proyek strategis lebih lanjut,” ungkapnya.(adv)

Baca Juga

Back to top button