Diskominfo Kaltim

Akui Pembangunan Daerah Belum Sempurna, Wagub Kaltim Beber Luas Wilayah Terkendala Dana yang Terbatas

Upnews.id, SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan Musrenbang RKPD Provinsi Kaltim Tahun 2024 momen untuk mengambil keputusan penting dalam perjalanan pembangunan.

Hal tersebut disampaikan usai menutup Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Kaltim Provinsi Kaltim Tahun 2024 yang digelar di Pendopo Odah Etam.

Wagub mengaku bahwa pihaknya menyadari pembangunan Kalimantan Timur yang diselenggarakan bersama tidak akan pernah sempurna.

“Karena luasnya Kalimantan Timur luar biasa. Sementara dana kita terbatas. Oleh karena itu kita harus berjuang kepada pusat untuk mendapatkan banyak hal dalam membangun Kaltim,” tegas Hadi Mulyadi, Senin (17/4/2024).

Dia menambahkan, Kalimantan Timur luasnya sama dengan Pulau Jawa. Dimana di sana ada 6 provinsi. APBD mereka bila ditotalkan lebih dari Rp500 triliun, ditambah lagi dengan DAK-nya, bisa mencapai raturan triliun.

“Sementara APBD Kalimantan Timur walaupun kita telah berjuang sehingga APBD kita terus meningkat Rp17,2 triliun, dan kita dapat penghargaan itu karena persentase dari target, tapi nilainya juga belum cukup untuk membangun Kalimantan Timur. Oleh karena itu bupati wali kota kita berjuang bersama-sama untuk membangun Kaltim,” seru Hadi.

Menurut Wagub Hadi, mau tidak mau harus bersama-sama memastikan pemerintah pusat agar mereka memberikan perhatian serius kepada Kalimantan Timur sebagai daerah yang memberikan subsidi besar, bagi devisa negara.

“Lima bulan lagi Gubernur dan Wagub akan pensiun. Dan apapun yang terjadi program ini harus kita selesaikan. Nantinya ada Sekda Kaltim yang menyelesaikan. Siapapun gubernurnya, siapapun wali kotanya, bupatinya, kita harapkan bisa terus membangun Provinsi Kaltim,” pesan Hadi Mulyadi. (adv/diskominfokaltim)

 

Baca Juga

Back to top button