Diskominfo Kaltim

Kepada Kelompok Petani, Isran Ajak Masyarakat Terus Gaungkan IKN

upnews.id SAMARINDA – Guna mengenalkan Ibu Kota Negara yang telah di tunjuk oleh Presiden Jokowi, pada pelepasan Kontingen Kalimantan Timur Pekan Nasional Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Kota Padang Provinsi Sumatera Selatan, Gubernur Isran Noor meminta perwakilan Kaltim agar menyampaikan informasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sampaikan dan informasikan kepada rakyat Indonesia, seluruh kontingan dari provinsi lain, bahwa IKN itu di wadah kita, bukan di provinsi lain,” pinta Gubernur Isran Noor di Halaman Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis 8 Juni 2023.

Karena menurut dia, IKN saat ini menjadi spirit tersendiri bagi rakyat Kaltim, juga masyarakat Kalimantan bahkan bangsa Indonesia.

“Jadikan momen ini untuk mengabarkan tentang IKN, Kaltim dan kesiapan kita menyongsongnya,” pintanya lagi.

Di ajang silaturahmi petani dan nelayan se-Indonesia ini, kembali orang nomor satu Benua Etam ini berharap kontingen Kaltim tidak sekadar bertemu dengan rekan seprofesi, tapi mampu mendapatkan informasi tentang teknologi pertanian dalam arti luas.

“Ajang ini gunakan untuk menambah ilmu, wawasan dan pengetahuan tentang teknologi terbaru di bidang pertanian, sehingga bisa diterapkan di daerah kita, terlebih menyambut IKN,” harapnya.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tetap menyemangati seluruh kontingan Kaltim sebagai Duta IKN agar mampu menjadi peserta Penas terbaik.

“Selamat mengikuti Penas, jaga nama baik kita, jaga kesehatan dan semoga sukses prestasi,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Rini Susilawati menyebutkan Penas Petani Nelayan XVI Kota Padang pada 10 – 15 Juni 2023 akan diikuti kontingen Kaltim sebanyak 1.301 orang.

“Peserta utama kita sebanyak 501 orang, pendamping 433 orang, peninjau 322 orang dan swadaya 45 orang,” sebutnya.

Kegiatan yang akan diikuti kontingan Provinsi Kalimantan Timur, yakni upacara dan apresiasi, kepemimpinan kemandirian, kemitraan usaha dan jaringan informasi agribisnis, pengembangan teknologi dan kualitas produksi agribisnis, studi banding, widya wisata, pagelaran seni budaya dan beberapa kegiatan lainnya.

“Tahun ini Gubernur Kaltim Bapak Isran Noor mendapat penghargaan dari Bapak Presiden Jokowi, berupa tanda kehormatan Satyalancana Wirakarya, bersama Bupati Paser dr Fahmi Fadli,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, apresiasi 10 besar karya Wira Usaha Tani petani nelayan Keripik Ikan Bawis dari sektor perikanan dari Kota Bontang

Upacara pelepasan kontingen Penas Kaltim ditandai penyerahan bendera pataka dan pengalungan tanda peserta oleh Gubernur Isran Noor, diikuti seluruh perwakilan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) kabupaten dan kota se-Kaltim.

Tampak hadir Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Provinsi Kaltim Ujang Rachmad dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim.  (adv/diskominfokaltim)

Baca Juga

Back to top button