Mahakam Ulu

Wilayah Perkantoran Baru Pemkab Mahulu Telah Memiliki Jaringan Komunikasi

upnews.id UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Bonifasius Belawan Geh, S.H, M.E meresmikan beroperasinya Tower Base Transceiver Station (BTS) 4G Pemerintah Kabupaten Mahulu, Selasa 24 Oktober 2023.
Dengan peresmian ini, wilayah perkantoran baru Pemkab Mahulu telah memiliki jaringan komunikasi. Atas hal ini, Bupati Mahulu menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pengoperasian tower VIP ini.
“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung mengoperasian tower ini, termasuk Dinas Komunikasi, Informatika Statistik Dan Persandian Kabupaten Mahakam Ulu, PT. Telkomsel, dan semua pihak terkait,” jelas Bupati
Dalam kesempatan tersebut pula, Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahulu melalui Diskominfostandi, terus bekerja keras memperjuangkan pemasangan perangkat BTS yang diperlukan yakni dengan menyiapkan pondasi BTS, Pondasi Genset, Genset dan Grounding System.
“Pada bulan September tahun 2023 telah dilakukan pemasang perangkat BTS oleh telkomsel, Hasilnya, pada hari ini, kita dapat merayakan pencapaian luar biasa ini. Jaringan telekomunikasi 4G Telkomsel telah hadir di sekitar pemukiman sebenaq dan areal perkantoran baru pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu. Hal ini tentunya akan membawa manfaat besar bagi warga Masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sektor lainnya,” ungkap Bupati
Selanjutnya, dalam laporan Kepala Diskominfostandi Markus Wan S.Sos., M.Si menyampaikan alasan mengapa tower yang telah lama berdiri ini, baru dapat diaktifkan. Hal ini dikarenakan, semua pengaktifan tower untuk layanan jaringan akan dilakukan secara bertahap. Dan Kabupaten Mahulu mendapatkan prioritas yang utama.
“Dalam sambutan Pak Menteri Kominfo pada bulan ini dan hingga di bulan Desember lima ribu tower bakti yang dibangun di seluruh Indonesia, akan di aktifkan. Dan Mahakam Ulu sebagai salah satu daerah yang sebagai prioritas karena masuk dalam 3 T,” jelas Markus Wan
Pembangunan tower VIP Pemkab Mahulu ini pada awalnya merupakan usulan dari Dinas Perhubungan dan Pariwisata (Dishubpar) Mahulu kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di tahun 2015. Tetapi dengan keadaan belum terdapat perangkat BTS sehingga tidak ada jaringan komunikasi tersedia. Dan kegiatan peresmian ini, adalah sebagai penanda bahwa, jaringan komunikasi sudah dapat digunakan oleh masyarakat di area tersebut.
Turut hadir Anggota DPRD Mahulu, Kepala OPD terkait, Camat Long Bagun, Direktur PT. Comtelindo Hariyanto, Manager Network Service PT. Telkomsel Balikpapan Fajar Surya Bhawana. (adv)

Baca Juga

Back to top button