Diskominfo KutimKutai Timur

SMAN 1 Sangsel Kolaborasi bersama KPC Gelar IHT

Upnews.id, Sangatta – SMA 1 Sangatta Selatan (Sangsel) bekerja sama dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) menggelar kegiatan In House Training (IHT). Dilaksanakan mulai Kamis (13/7/2023) hingga Sabtu (15/7/2023). Bertempat di Aula Pendopo Rujab Bupati Kutim.

Agenda ini juga dirangkai dengan kegiatan outbond di Lapangan Town Hall-Swargabara. Kegiatan IHT dihadiri kepala sekolah dan seluruh tenaga pengajar SMAN 1 Sangsel berjumlah 38 orang, Manajemen KPC serta dihadiri secara online oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah II Kaltim I Ketut Puriata.

“Ini merupakan kerja sama yang sudah kesekian kalinya terjalin harmonis serta berkelanjutan antara pihak SMAN 1 Sangsel dengan KPC, ” ungkap Rubito, Kepala SMAN 1 Sangsel dalam sambutannya.

Lanjut Rubito, jika sebelumnya KPC melakukan program pendampingan kurikulum pada pembelajaran P5, pendampingan kewirausahaan untuk pelajar, pendampingan pelatihan rumah kompos serta bantuan bangunan infrastruktur aula sekolah serta kegiatan IHT yang saat ini dilaksanakan. Perkembangan teknologi serta kemajuan informasi dan pendidikan yang sangat pesat saat ini menuntut guru/tenaga pengajar untuk selalu bisa mengembangkan diri dan terus belajar guna meningkatkan kapasitas guru yang kemudian bisa diajarkan kepada peserta didik atau siswanya nya.

“Pembentukan karakter manusia yang tangguh guna melahirkan generasi penerus yang akan ke depan akan melanjutkan pembangunan serta kemajuan Kutim. Terima kasih kepada KPC dan juga Pemkab Kutim yang sudah membantu dan menyediakan lokasi pelatihan, sehingga acara pelatihan bisa terlaksana dengan baik,” tambah Rubito.

Kegiatan IHT juga menghadirkan 3 narasumber sekaligus pemateri. Narasumber pertama adalah Fathur Rachim, Kepala SMAN 10 Samarinda yang akan membawakan materi mengenai asesment/ penilaian serta metode asesment Kurikulum Merdeka yang digunakan saat ini, kemudian narasumber kedua akan dibawakan oleh Gunadi-Kepala SMAN 1 Busang yang akan membawakan materi pembelajaran berbasis teknologi digitalisasi dan kepanduan kepramukaan, dan narasumber ketiga (memberikan materi secara online) dengan materi Kurikulum Merdeka yaitu tentang Pengelolaan dan Pengembangan Kurikulum yang akan disampaikan oleh Atik Sulistyowati dari Bagian Kurikulum Disdikbud Kaltim.

Ketut Puriyata, Kepala Cabang Disdikbud Wilayah II Kaltim dalam sambutannya berharap sinergitas dan kerja sama antara KPC dengan SMAN 1 Sangsel akan terus berlanjut dan lebih baik ke depannya. Ketut juga menyampaikan  ucapan terima kasih kepada Pemkab Kutim, dengan bantuan lokasi pelatihan di Aula Rujab Bupati Kutim dan juga pihak KPC atas bantuan pendampingan serta dana CSR nya guna peningkatan infrastruktur serta tenaga pendidik guna melahirkan siswa siswi generasi masa depan yang cemerlang.

“KPC salah satu perusahaan yang peduli akan kemajuan kualitas pendidikan di Kutim serta Kaltim umumnya,” tegas Ketut.

Supt Community Healh and Education/CHE KPC Febriana Kurniasari bahwa KPC bekerja sama dengan SMAN 1 Sangsel dalam hal ini mensupport program kurikulum Merdeka P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sejak akhir tahun 2022. Dan untuk kegiatan IHT ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan tersebut.

“Dengan harapan agar ke depannya memiliki nilai tambah, tidak hanya nilai pendidikan namun juga nilai budi pekerti yang baik untuk bisa mencapai sumber daya manusia yang unggul,” urainya.(Nt/As-Adv)

Baca Juga

Back to top button