Diskominfo KaltimKutai Barat

Presiden Jokowi Terima Gelar Kehormatan dari Masyarakat Adat Kubar

Upnews.id, Sendawar – Ditengah suasana Festival Dahau dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kabupaten Kutai Barat Ke-24. Masyarakat Adat Kabupaten Kutai Barat memberikan gelar kehormatan (Kebangsawanan Adat) kepada Presiden Republik Indonesia Joko widodo, yaitu “Ajiq Tatau Narakng Bulau, Penimakng Sookng Mantiiq, Penerajuuq Bawe Ayaakng” saat berkunjung Ke kabupaten Kutai Barat.

“Yang artinya, seseorang yang mempunyai hak dan wewenang untuk membentuk, menempat dan menetapkan putra putri atau orang orang terbaik untuk melakukan sebuah tugas. Yaitu tugas  yang bertujuan perdamaian atau  kesejahteraan”, ucap Kepala Adat Besar Kutai Barat, Manaar Dimansyah. Di Alun Alun Itho Sendawar, Sendawar. Jumat (03/11/2023).

Gelar “Ajiq Tatau Narakng Bulau” dalam perspektif adat, bermakna yaitu manusia langit atau bangsawan langit yang tinggal atas langit balai solai yang tinggal di “nusuk wari atau wali kubu” yang derajatnya di bawah pencipta tetapi di atas kalangan manusia biasa.

Manaar Dimansyah menjelaskan bahwa Presiden Jokowi dinilai patut menyandang gelar kehormatan tersebut. Karena sebagai Pemimpin Negara, Beliau telah melaksanakan tugas dengan baik. Serta kepuasan masyarakat terhadap kinerja yang dilakukan selama ini. Diantaranya dalam menempatkan dan menugaskan orang orang sesuai kemampuannya secara strategis.

Lalu Kepala Adat Besar Kutai Barat mengungkapkan, dengan terbentuknya pembangunan IKN di wilayah Kalimantan Timur, masyarakat adat sangat mendukung penuh. Karena akan terbuka luas peluang khusus bagi putra putri daerah untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan IKN.

Maka sebagai penyangga IKN, perlu mempersiapkan sumber daya manusia. Agar kesempatan ini, masyarakat Kalimantan Timur dapat menikmati pembangunan IKN secara optimal. (*/An/Adv Diskominfo Kaltim)

Back to top button