Mahakam Ulu

PLH SEKDA MAHULU MINTA OPTIMALISASI KOORDINASI UNTUK EVALUASI KINERJA SERAPAN ANGGARAN

upnews.id UJOH BILANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Bagian Administrasi Pembangunan menggelar Pendampingan Penginputan Realisasi Kegiatan pada Aplikasi Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) dan Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (RADALOK) Kabupaten Mahulu yang dilaksanakan di ruang rapat Bappelitbangda. Rabu (08/11/23)

Kegiatan yang dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Yordanus Dani, S.Hut., dihadiri oleh Kabag Administrasi Pembangunan Lorensius Liah D,S.Sos,M.Si, di ikuti 74 peserta yang terdiri dari seluruh petugas admin Tepra dan pejabat penghubung OPD serta Kecamatan.

Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E yang disampaikan Plh. Sekda Yordanus Dani, S.Hut., M.Si mengatakan, pendampingan Penginputan Realisasi Kegiatan pada Aplikasi Tepra dan Radalok Pemkab Mahulu merupakan bagian integral dari kewajiban untuk memastikan penggunaan anggaran APBN dan APBD sesuai dengan aturan yang berlaku sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Keppres Nomor 20 Tahun 2015 tentang Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran APBN dan APBD, Inpres Nomor 1 Tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang Jasa, dan merujuk pada UU Nomor 23 Tahun 2014 berdasar Pasal 391 yang mengamanatkan pemerintah daerah wajib menyediakan informasi pemerintahan daerah terkait pembangunan dan keuangan daerah.

“Berdasarkan hal tersebut, maka harapan saya pelaksanaan rapat ini, akan dapat mencapai beberapa tujuan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan serapan anggaran yang telah berjalan hingga Triwulan III Tahun 2023 apakah sudah tersaji secara akurat sehingga kita dapat meminimalisir risiko-risiko permasalahan yang mungkin telah atau akan terjadi di dalam perangkat daerah yang kemudian hasilnya dapat dilaporkan kepada pengawas, dalam rangka percepatan pelaksanaan serapan anggaran,” kata Bupati.

Melalui kegiatan pendampingan Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E berharap, menjadi pendorong optimalisasi koordinasi antara perangkat daerah dalam mendukung percepatan pelaksanaan serapan sesuai dengan jadwal pelaksanaan kegiatan, mengingat kita sudah memasuki Triwulan 4 terutama bagi 25 OPD yang gradenya masih berada dibawah 51%.

“Oleh sebab itu, saya mengingatkan kepada seluruh peserta rapat, baik dari perangkat daerah maupun tim pengawas, untuk tetap semangat dan fokus bekerja di sisa waktu yang semakin sedikit ini. Mari berkontribusi dengan ide, saran, dan evaluasi yang konstruktif demi kesuksesan pelaksanaan program pembangunan. Saya Optimis dengan semangat kerja keras, kita akan bekerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Mahakam Ulu.

Diakhir sambutan Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E menekankan agar OPD mengutamakan fokus pada kualitas dan ketepatan data dalam pelaksanaan Radalok dan pendampingan penginputan realisasi kegiatan pada Aplikasi TEPRA.

“Pastikan bahwa setiap langkah yang Anda ambil bertujuan untuk menjaga integritas data, akurasi, dan ketepatan waktu. Kualitas data yang baik adalah kunci kesuksesan dalam pengendalian operasional dan pengambilan keputusan yang efektif, jadilah mitra yang aktif dalam kerjasama dengan tim pengawas. Sampaikan informasi yang relevan, dan berikan kolaborasi yang efektif dalam mendukung pendampingan penginputan realisasi kegiatan. Jangan ragu untuk berkomunikasi, bertukar informasi, dan bekerja sama secara sinergis dengan semua pihak terkait, termasuk Identifikasilah kendala atau permasalahan yang mungkin muncul selama proses penginputan realisasi kegiatan,” pesan Bupati.

Sejalan dengan itu, dalam laporan Kabag Administrasi Pembangunan Lorensius Liah D, S.Sos, M.Si menuturkan, tujuan pelaksanaan kegiatan pendampingan pengimputan realisasi kegiatan pada Tepra dan Radalok Kabupaten Mahulu agar proses pengendalian, pengawasan dan pelaporan pelaksanaan terhadap Realisasi anggaran dan fisik di lingkungan Pemkab Mahulu dapat dimonitor melalui sistem Tepra yang akan lebih transparan sehingga berlangsung secara efektif dan efisien serta sesuai dengan Misi Pemkab Mahulu.

“Sebagai sinkronisasi hasil kegiatan terkait dengan penginputan Tepra yang dilaksanakan oleh masing-masing OPD, dalam dua hari kedepan, kita ada dua kegiatan, yang pertama Radalok, dan pendampingan penginputan aplikasi Tepra, akan ada tim pendamping dari DEKA Samarinda akan hadir, hari ini kita akan diskusi, nanti sesi berikutnya ada tanya jawab supaya saya bisa mendengar juga nanti kita akan membahas terkait dengan Tepra kabupaten Mahulu yang merupakan bagian dari laporan kedepannya untuk kegiatan kita, dimana di era sekarang penggunaan aplikasi sudah merupakan bagian dari e-government,” Jelas Kabag Administrasi Pembangunan. (adv)

Baca Juga

Back to top button