KesehatanKutai Timur

Pemkab Kutim Ikuti Roadshow Stunting Kemenko PMK

Upnews.id, Sangatta – Amanat Presiden RI Joko Widodo fokus pada upaya melakukan penurunan stunting. Berkenaan dengan hal tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI menggelar Rapat Persiapan Roadshow Percepatan Penurunan Stunting di Kaltim secara daring di Ruang Virtual Diskominfo Perstik Kutim, Kamis (2/3/2023).

Untuk diketahui, roadshownya sendiri akan dilaksanakan pada 10 Maret 2023 mendatang. Rapat ini turut dihadiri oleh Seskab Kutim Rizali Hadi mewakili Bupati Ardiansyah Sulaiman, jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) hingga instansi terkait lainnya via daring.

Dalam pemaparan itu dijelaskan Menko PMK Muhadjir Effendy bahwa persiapan rapat ini untuk didengar oleh bupati atau wali kota  secara langsung. Khususnya terkait percepatan penurunan stunting dan penanganan kemiskinan.

“Apa harapan yang ingin didukung dari pusat berkenaan masalah stunting dan penanganan kemiskinan. Ini merupakan langkah awal mencapai target penurunan stunting yang ditargetkan oleh Presiden RI Joko Widodo,” ungkapnya dalam arahan.

Baca Juga : Wabup Minta DPPKB Terus Berinovasi untuk Turunkan Stunting di Kutim

Selanjutnya, dalam presentasi tersebut diharapkan seluruh kepala daerah nantinya hadir. Pelaksanaan roadshow menyertakan 10 kabupaten/kota se-Kaltim. Nantinya ada 5 kabupaten/kota yang akan memaparkan presentasi terkait data. Yakni Kukar, Samarinda, Paser, Kubar dan Balikpapan.

Kemudian, yang 5 kabupaten/kota lainnya diminta untuk berdialog. Diantaranya Kutim, Berau, Mahulu, PPU dan Bontang. Diberikan waktu tiga menit untuk dialog memaparkan stunting. (*/Dr)

Back to top button