HeadlineKutai TimurPolitik

Manfaatkan Tenaga Kerja Lokal, Jadi Jurus ABDI Dalam Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Abdal : "Perusahaan Harus Menggunakan Tenaga Kerja Lokal"

Upnews.id, Sangatta – Sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur dari Jalur Perseorangan, Sayyid Abdal Nanang Al Hasani dan Rusmiati (ABDI), memiliki beberapa jurus jitu dalam memajukan daerah. salah satunya dengan memanfaatkan tenaga kerja lokal, dan menutup mess karyawan pertambangan.

Menurut Sayyid Abdal Nanang Al Hasani sebagai Bakal Calon Bupati, berdasarkan pengamatannya selama ini, mayoritas perusahaan kelapa sawit membawa tenaga kerja dari luar seenaknya. Padahal, banyak tenaga kerja lokal di Kecamatan yang seharusnya turut diberdayakan.

“Kalo nanti saya ada rezeki jadi Bupati, Perusahaan yang ada di Kutim termasuk Tambang Batubara, harus menggunakan tenaga kerja lokal, kontraktor harus lokal. Tidak boleh ada mess lagi disitu, mess ditutup,” jelas Abdal saat ditemui di Graha Amar beberapa waktu yang lalu.

Abdal menilai, dengan ditutupnya mess maka 15.000 hingga 20.000 karyawan PT. KPC dan Kontraktornya bakal menyewa maupun tinggal dirumah masyarakat. Maka perekonomian masyarakat Sangatta khususnya bakal hidup, belum lagi jika karyawan tersebut berbelanja ke pasar.

“Sekarang kita bawa mobil pagi-sore sengsara, bus besar-besar semua melintas seperti jalan priadinya. Nanti bus tidak bisa masuk kota, KPC harus menyiapkan terminal supaya taksi maupun ojek bisa hidup,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa hal diatas dapat menjadi sistem guna meningkatkan perekonomian Kutai Timur, namun justru tidak dilakukan oleh Pemerintah saat ini. Kini, pemerintah hanya mendapatkan sedikit manfaat dari keberadaan perusahaan-perusahaan tersebut di Kutim.

“Perusahaan Sawit tidak ada gunanya bagi daerah yang mengembangkannya, karena tidak ada yang masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Justru banyak perusahaan yang tidak memenuhi komitmennya dengan memanfaatkan 20% luasan lahan sebagai plasma,” tutupnya. (nz)

Baca Juga

Back to top button