BalikpapanKaltim

Kadisdikbud Kaltim : Guru harus miliki pemikiran out of the box

Upnews.id, Balikpapan – Bidang Pembinaan Ketenagaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Menggelar pelatihan peningkatan kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika tingkat Sekolan Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se Kaltim.

Anwar Sanusi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, saat membuka acara tersebut di Hotel Novotel Balikpapan (27/03/2022). Mengharapkan agar guru dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi secara cepat, serta memiliki pemikiran jauh kedepan dan out of the box.

Baca Juga : Anwar Sanusi Minta Kepada Semua Kalangan Terus Jaga Budaya Khas Kaltim

“Guru hendaknya tidak hanya terpaku pada kurikulum. Karena itu, harus memiliki pemikiran jauh ke depan dan out of the box atau berpikir di luar batasan,” harap Anwar Sanusi.

Anwar mengajak, agar para guru menyiapkan generasi penerus, anak-anak bangsa khususnya lulusan SMK yang berkualitas memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha.

Kadisdikbud Kaltim : Guru harus miliki pemikiran out of the box

Bagi Anwar, guru adalah pilar pendidikan dan agen pembelajaran dimana keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran strategis guru. Untuk itu, guru diharapkan memiliki kesadaran untuk mengembangkan keprofesiannya secara bertahap dan berkelanjutan.

“Pemerintah banyak berharap agar guru dapat menjadi ujung tombak peningkatan kualitas SDM Kaltim,” tambahnya.

Baca Juga  : Pemda Ajukan 568.238 Formasi Guru P3K

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Muhammad Jasniansyah menjelaskan, pelatihan tersebut dilaksanakan selama enam hari dari 27 Maret-1 April 2022. Diikuti sebanyak 92 orang peserta, terdiri dari 46 guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan 46 guru mata pelajaran Matematika yang merupakan perwakilan dari SMK Negeri di 10 Kabupaten/kota di Kaltim.

Pelaksanaan kegiatan secara klasikal dengan memperhatikan protokol kesehatan. Narasumber kegiatan berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim dan FKIP Universitas Mulawarman. (An/Dr)

Baca Juga

Back to top button