DPRD SamarindaSamarinda

Celni Sebut Samarinda Belum Memiliki Jalut Transortasi Umum

Upnews.id, Samarinda – Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, melalui Anggota Komisi III Celni Pita Sari. Memberikan apresiasi kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang telah memodern kan sarana transportasi umum di Samarinda

Celni menyebut, penggunaan kendaraan pribadi sangat berpotensi menyebabkan kemacetan di ruas-ruas jalan di Samarinda. Oleh sebab itu masyarakat harus membiasakan diri untuk menggurangi penggunaan kendaraan pribadi menuju transportasi umum.

Baca Juga : Memudahkan Transportasi Barang dan Orang, Perbaikan Jalan Poros Kota Bangun-Tabang Hampi Selesai

Namun pemerintah juga memiliki tugas baru, yakni penyediaan transportasi umum yang dibarengi dengan ketersediaan jalur khusus yang memang diperuntukkan bagi kendaraan umum.

“Sampai saat ini Samarinda masih kekurangan perihal akses jalan,” ucapnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Karenanya, Politisi Partai NasDem ini mengusulkan agar pemerintah pusat, khususnya Kemenhub bisa menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. Sehingga pembangunan jaringan transportasi umum bisa berjalan optimal.

“Ini tentu jadi PR kami selaku pemerintah daerah, untuk bisa mengadakan sosialisasi kepada masyarakat,” terang Celni.

Ia juga mempertimbangkan status jalan yang merupakan jalan utama yang kerap ramai dilintasi masyarakat. Sehingga tak menutup kemungkinan ada masyarakat yang terganggu jika sebagian ruas jalannya digunakan sebagai jalur transportasi umum.

Baca Juga : Ramadhani Penuhi Janji, Kini Jalan Padat Karya Mulus

“Maka dari itu, perlu disosialisasikan kepada masyarakat kalau sebagian jalur mereka bakal digunakan untuk transportasi umum,” sambungnya.

Meski begitu, ia berharap ke depannya melalui dukungan yang diberikan pemerintah pusat, Kota Tepian bisa menjadi kota yang lebih maju, dan tertata khususnya dalam hal transportasi. (*/Ir/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button