Diskominfo Kaltim

Jadi Tuan Rumah OIC-CA 2023, Sekaligus Kenalkan IKN di Kaltim Kepada Beberapa Negara Luar

upnews.id Samarinda – Pembukaan event internasional Organization of Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA) 2023 resmi digelar di Pendopo Odah Etam Gubernur Kaltim, Sabtu (8/7/2023). Acara yang dihelat di Benua Etam ini didasari karena Kaltim dianggap sebagai provinsi yang paling siap menjadi tuan rumah.
Alasan ini pun dikemukakan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Tak hanya itu, agenda ini pun diinisiasi sebagai ajang untuk memperkenalkan Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN) yang baru kepada 57 perwakilan negara yang hadir.
“Dengan adanya agenda ini kita jadikan sebagai momentum dalam memperlihatkan kepada seluruh negara yang hadir, bagaimana Indonesia bertransformasi dengan cepat. Dan kita sudah siap pindah ke IKN,” terang pria berusia 32 tahun itu.
Ia berharap dengan adanya OIC-CA 2023, dapat menjadi ajang silaturahmi antar negara organisasi kerja sama islam (OKI). Setelah berakhirnya agenda ini pun, diharapkan lahir sebuah program dimana 57 negara akan mengirimkan para pemudanya ke Indonesia selama beberapa waktu. Dan tidak hanya untuk belajar tentang budaya namun juga sumber daya alam dan teknologinya.
Sementara itu, Sekda Kaltim Sri Wahyuni pun menyambut baik antusias Menpora RI.
“Kami bersyukur Kaltim dipercaya menjadi tuan rumah, ” terangnya kepada awak media.
Kegiatan ini diartikan nya sebagai wujud kesempatan untuk bekerja sama. Tidak hanya dalam bentuk budaya, namun juga perdagangan, kepemudaan, bahkan pendidikan.
Hal ini merupakan sebuah momentum yang sangat baik bagi masyarakat Kaltim untuk meningkatkan daya saing baik pada level nasional maupun internasional. Apalagi saat ini Kaltim akan menjadi IKN.
“Harapan kita indeks pembangunan pemuda di kaltim lebih meningkat. Ada kesadaran lebih tinggi ada keinginan untuk kita sama-sama meningkatkan daya saing,” tandas Sri. (adv)

Baca Juga

Back to top button