Diskominfo Kukar

Bagian Dari Pembinaan, BUMDes di Kukar Diarahkan Untuk Berbadan Hukum

upnews.id TENGGARONG- Sudah menjadi bagian dari pembinaan, bahwa BUMDes di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diarahkan untuk memiliki badan hukum.

Nantinya, BUMDes yang telah berbadan hukum, diharapkan mampu mempercepat pergerakan ekonomi di desa, dan mampu membantu memutar roda perekonomian di desa.

Selain itu, BUMDes yang berbadan hukum juga bisa mengembangkan usaha ekspansi, tidak hanya mengembangkan potensi desa, bisa juga bekerja sama dengan desa lain bila sudah punya izin usaha.

Hal Ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto Kamis (2/11/2023).

Ia menyebut, BUMDes hingga kini terus akan dibina, yang jumlahnya sudah mencapai 193 BUMDes sudah dilatih dalam lima angkatan beberapa waktu lalu.

“Mereka dilatih, Bagaimana mendirikan BUMDes, menjalankan, mengembangkan unit usaha BUMDes, bagaimana BUMDes membuat laporan pertanggung jawaban,” jelasnya.

Kemudian dirinya memaparkan, ada Sebanyak 90 BUMDes di Kukar yang telah berbadan hukum.

Menurutnya, itu semua sudah sesuai dengan UU Nomor 6 tentang desa, kemudian diperkuat dengan PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang Desa dan BUMDes Bersama (BUMDesma).

“Pembentukan BUMDes melalui musyawarah desa, bagi desa yang membutuhkan lembaga itu sangat potensi untuk dibentuk. Artinya sangat berpotensi untuk dibentuk menguatkan percepatan penggerakan ekonomi,” katanya.

Dikatakannya, BUMDes sudah terbentuk di 193 desa di Kukar, tapi dalam mekanisme pendirian pembentukan itu memiliki tingkatan lain lagi, tidak hanya terbentuk tapi BUMDes juga didaftarkan di Kementrian Desa.

Apabila sudah terdaftar dan teregistrasi oleh kementerian, maka status BUMDes tersebut baru ditingkatkan sebagai badan hukum di Kemenkum HAM.

“Sekarang ada 90 Bumdesa yang ada di Kukar sudah berbadan hukum. Sisanya itu masih terdaftar nama di kemendes untuk melengkapi dokumen dan meningkatkan statusnya menjadi badan hukum,” sebutnya.

Dia mengakui, banyak BUMDes yang sudah diangggap berkembang baik, bahkan ada beberapa desa yang sudah sukses, seperti Desa Sungai Payang, Muara Enggelam, Loh Sumber, dan Saliki. (adv)

Baca Juga

Back to top button