Diskominfo Kukar

Pemkab Kukar dapat WTP dari BPK RI Sebanyak 5 Kali Berturut-turut

Upnews.id, Tenggarong- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mendapat Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Kalimantan Timur.

Prestasi ini merupakan kelima kalinya Pemkab Kukar mendapat WTP berturut-turut.

Oleh karenanya, Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada BPK atas pendampingan yang diberikan.

“Terima kasih kepada pimpinan BPK perwakilan Kaltim yang memberi pendampingan terhadap pengelolaan manajemen keuangan daerah lebih baik,” katanya, Rabu (19/4/2023).

Menurutnya, opini WTP yang diraih Pemkab Kukar akan menjadi salah satu dorongan dan motivasi agar terus bekerja lebih baik.

Terlebih dari segi perencanaan, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam perda No.6 tahun 2021 RPJMD Kukar Idaman.

Terkait dengan hasil audit BPK, kata Edi, telah disampaikan dan dalam waktu 60 hari kedepan semua catatan dapat ditindaklanjuti dan diselesaikan.

“Insyaallah akan kami selesaikan tepat waktu oleh jajaran pemkab Kukar,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim Agus Priyono juga mengapresiasi atas kinerja jajaran Pemkab Kukar yang sudah meraih opini WTP.

“Saya ucapkan selamat atas raihan opini WTP, kalau tdiak salah opini WTP ini,” ucap Agus.

Disebutkan Agus, beberapa hal catatan hasil audit BPK RI yang mesti menjadi perhatian dan penekanan bagi Pemkab Kukar.

Hal tersebut agar pengelolaan keuangan semakin baik dan berkualitas diantaranya menyangkut properti investasi keuangan yang belum tersaji.

“Saya rasa kedepannya properti investasi ini harus tersaji dengan baik dengan mengikuti regulasi yang ada. Saya sarankan agar pemkab Kukar segera menetapkan kebijakan terkait dengan properti investasi,” katanya.

Selain itu ada juga pengelolaan pendapatan daerah bisa dioptimalkan lagi dijajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis sehingga dapat mendongkrak PAD Kukar.

“BPK juga turut mengapresiasi atas penghargaan yang belum lama ini diterima terbaik ke 3 secara nasional, tentu ini juga merupakan kebanggan kami BPK perwakilan Kaltim atas prestasi yang diraih Kukar,” ujarnya.

Untuk diketahui, penghargaan opini WTP yang telah diterima Pemkab Kukar sudah diterima lima kali berturut. Terhitung LKPD tahun 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022. (adv)

 

Baca Juga

Back to top button