Upnews

Diskominfo Kutim Tingkatkan Kapasitas Admin OPD Lewat Pelatihan Omnichannel SP4N-LAPOR

Upnews.id, SANGATTA – Upaya mewujudkan pemerintahan yang makin transparan dan cepat tanggap terus diperkuat oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Salah satunya melalui Pelatihan Pengelolaan Omnichannel Terintegrasi SP4N-LAPOR! yang berlangsung Rabu (03/12/2025) di Ruang Rapat Diskominfo Staper.

Sebanyak 22 peserta yang merupakan Admin Pengelola SP4N-LAPOR! dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadir mengikuti pelatihan ini. Tujuannya tak lain untuk menyamakan pemahaman sekaligus meningkatkan kemampuan teknis dalam mengelola pengaduan masyarakat lewat sistem yang terhubung dalam satu pintu.

Mewakili Kepala Diskominfo Staper Kutim, Pranata Komputer Ahli Muda, M. Ihsan Hafid, menegaskan bahwa pendekatan omnichannel berperan besar dalam memastikan semua aduan masyarakat tersampaikan dan tertangani secara utuh.

“Prinsip Omnichannel dalam SP4N-LAPOR! memastikan bahwa setiap pengaduan masyarakat—baik dari media sosial, aplikasi, maupun website—dapat tertampung dan dikelola secara menyeluruh. Ini kunci untuk merespons aduan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi,” tegas Ihsan.

Selama pelatihan, para peserta dibekali sejumlah materi penting, antara lain:

Integrasi Saluran Pengaduan, agar seluruh kanal OPD terhubung secara optimal dengan SP4N-LAPOR!.

Pembaharuan SOP Penanganan Pengaduan, mulai dari proses penerimaan, verifikasi, tindak lanjut hingga pelaporan.

Pemanfaatan Data Analisis Pengaduan, untuk mendukung evaluasi layanan dan perbaikan rutin di tiap OPD.

Diskominfo Kutim berharap kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan pengaduan, sekaligus mendorong masyarakat lebih aktif terlibat dalam pengawasan layanan publik.

“Kami berkomitmen menjadikan setiap pengaduan sebagai momentum untuk perbaikan layanan. Kolaborasi aktif para admin dan pejabat penghubung sangat menentukan keberhasilan sistem ini. Mari bersama wujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan transparan,” tutup Ihsan.(Ir/Nt/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button