Diskominfo KutimKutai Timur

1.500 Masyarakat Kutim Terima BSPS dari Kemen PUPR RI

Upnews.id, Sangatta – 1.500 Masyarakat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada tahun 2023 ini, menerima bantuan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Menurut keterangan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Pemkab Kutim Ahmad Iif Makruf, ribu unit tersebut merupakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemen PUPR untuk masyarakat Kutim.

Baca Juga : Jalin Koordinasi yang Baik, 18 Item Program Nasional Gol di Kutim

“Kementerian tidak hanya mengemas bantuan lewat program BSPS namun juga melaui progrm bedah rumah. Kedua program ini ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, maupun warga miskin yang tinggal dirumah tidak layak huni,” sebut Kadis Perkim itu didampingi Kepala Bidang Pendataan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) Novian Pranata

Diterangkan lebih jauh oleh Ahmad Iif Makruf, jika program BSPS anggaran pembiayaanya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Untuk pembiayaan program bedah rumah lewat Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Tidak hanya bantuan dari pemerintah pusat. Kutim juga mendapatkan gelontoran bantuan dari Pemprov Kaltim untuk pembangunan rumah layak huni. Kepastian jumlah bantuannya sendiri baru dapat diperoleh pertengahan tahun ini,” tutup Ahmad Iif Makruf. (An/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button