Kutai Timur

1.000 Pohon Mangrove Ditanam Di Pesisir Muara Bengalon

Upnews.id, Sangatta – Dalam memperingati Hari Armada tanggal 5 Desember tahun 2021, yang digelar serentak diseluruh wilayah Komando Armada II. Komandan Lanal Sangatta yang diwakili Palaksa Mayor Laut (P) Herwanto, S.T.,M.M.,M.Tr.Opsla, bersama dengan prajurit TNI AL, Polairud, Masyarakat dan Saka Bahari. Melakukan gerakan penanaman 1000 bibit pohon mangrove di pantai Desa Muara Bengalon, Kecamatan Bengalon Kutai Timur, pada Senin (22/11/2021).

Menurut keterangan Palaksa ditemui usai pelaksanaan penanaman menyampaikan, bahwa disamping anggota TNI AL, pihaknya merangkul seluruh sektor yang berkaitan, untuk sama-sama menanam pohon mangrove tersebut.

“Selain melakukan penanaman di Muara Bengalon, kami juga melaksanakan penanaman di seluruh Posal-Posal di wilayah kerja Lanal Sangatta. Ini dilakukan serentak di wilayah jajaran Koarmada II, demi mencegah terjadinya abrasi karena pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak,” jelas Palaksa Lanal Sangatta.

Pos Angkatan Laut (Posal) dibawah Lanal Sangatta yang melaksanakan penanaman Pohon mangrove, mulai dari Posal Sangkurilang, Manubar, Tanjung Mangkaliat, Muara Sangatta. Dan yang baru saja dilaksanakan yakni di Perairan Bontang dengan menanam 1000 pohon.

“Keberadaan hutan mangrove sangat penting bagi wilayah pesisir, selain mampu menahan ombak, juga sebagai filter. Yang tak kalah penting, mangrove sebagai tempat hidup berbagai jenis ikan, sehingga meningkatkan ekonomi nelayan disekitar pesisir,” imbuhnya.

Palaksa Lanal Sangatta Memimpin Penanaman 1.000 Bibit Pohon Mangrove Di Muara Bengalon (Foto : Lanal Sangatta)

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pembelajaran buat pelajar agar terbiasa melakukan kegiatan sosial, sehingga dikemudian hari tidak canggung ketika berhadapan dengan alam khususnya kebaharian.

Pada saat bersamaan, Kepala Desa Muara Bengalon Uskar didampingi Ketua Karang Taruna menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI AL khususnya Lanal Sangatta atas kepeduliannya terhadap alam diwilayah Desanya.

“Semoga masyarakat bisa menjaga dan tumbuh subur untuk menahan abrasi dan berkembangbiaknya biota laut, tak lupa kami juga mewakili seluruh masyarakat Desa Muara Bengalon mengucapkan Selamat Hari Armada Tahun 2021 semoga Armada TNI AL semakin Jaya,” tutupnya. (Rom)

Baca Juga

Back to top button