Kutai TimurPariwara

Tahap Pertama, 156.190 Ton Beras CPP Disalurkan DKP Kutim

Upnews.id, SANGATTA – Warga terdampak inflasi terus mendapat perhatian dari Pemkab Kutim melalui Dinas Ketahanan pangan (DKP) Kutim. Terbaru, DKP menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah (CPP) sebanyak 156.190 ton beras untuk 15.619 kepala keluarga penerima manfaat (KPM). Untuk tahap pertama, penyerahan beras CPP untuk KPM dimulai dari di Kecamatan Sangatta Utara hingga nantinya ke seluruh desa di Kutim.

Penyerahan secara simbolis beras CPP dilakukan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup Kasmidi Bulang untuk KPM yang dipusatkan di area Roadshow Bazar Promosi UKM Kutim di area halaman Gedubg Adat Besar Kutai Jalan APT Pranoto, Senin (17/4/2023).

Dalam laporannya, Kepala DKP Kutim Muhammad Alfian mengatakan jumlah total alokasi bantuan untuk beras CPP untuk Kutim sebanyak 468.570 ton yang berasal dari Badan Pangan Nasional (BPN).

“Untuk tahap pertama ini untuk KPM di Sangatta Utara sebanyak 1.361 warga dari 3 desa dan 1 kelurahan,” urainya.

Selanjutnya, sebanyak 15.619 KPM yang tersebar di 141 desa juga akan disalurkan beras CPP.

“Nantinya pendistribusiannya secara bertahap di 18 kecamatan di Kutim,” ujarnya.

Kemudian jika program ini sudah dimulai sejak awal Maret. Nah, untuk setiap KPM akan menerima bantuan beras CPP sebanyak 10 kilogram yang akan diterima setiap bulannya.

“Untuk tahap selanjutnya, kami dari DKP Kutim masih menunggu keputusan Badan Bulog Nasional dan Kantor Cabang Bulog Samarinda,” jelasnya.

Tidak lupa, Alfian meminta dukungan dari Pemkab Kutim bisa menganggarkan dalam kegiatan pendistribusian di 18 kecamatan.

“Karena ini untuk pendampingan distribusi beras CPP di 141 desa. Memang perlu kerja keras. Semoga di APBD Perubahan bisa dianggarkan. Intinya kami siap ketika disupport untuk memaksimalkan potensi untuk penyaluran beras Bulog ini,” terangnya.

Sementara itu, dalam arahannya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menilai beras CPP ini kualitasnya sangat baik dan dirinya berharap penyaluran bisa tepat sasaran sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Nah, hampir di semua desa di 18 kecamatan mendapatkan bantuan beras CPP dan setelah dicek ternyata bagus,” singkatnya.(kopi13)

Baca Juga

Back to top button