Diskominfo Kukar

Hampir Selesai, 3 Tempat Pelelangan Ikan Dijadwalkan Beroperasi Akhir Tahun

upnews.id TENGGARONG- Hampir selesai, Tiga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dijadwalkan akan beroperasi akhir tahun ini.

Proyek yang menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 sebesar Rp 22 miliar itu, berlokasi di Kecamatan Muara Badak, Anggana dan Samboja.

Ditemui Kamis (2/11/2023) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, Muslik mengatakan, untuk TPI di Samboja sudah selesai terbangun bersamaan dengan pembangunan dermaganya. Namun untuk dermaga, masih dalam proses penyelesaian.

Selanjutnya, ia menambahkan untuk TPI yang di Anggana juga sudah berproses, dan tinggal tahap terakhir untuk penyelesaian beberapa proses pembangunan yang dirasa kurang, seperti penurapan dan pengerukan.

Kemudian, dikatakannya juga TPI di Kota Bangun sudah tahap perluasan dan jembatan untuk akses masuk juga sudah dikerjakan.

“Targetnya penyelesaian  paling tidak pertengahan Desember sudah bisa selesai semua,” ucapnya.

Baginya, Keberadaan TPI dirasa penting karena memudahkan nelayan, dalam memasarkan ikan hasil tangkapannya di lokasi yang memadai. Tujuan lainnya, melalui TPI bisa membantu mendata produksi yang lebih akurat.

“Data yang kita dapatkan juga lebih akurat. Kemudian pembinaan kita juga lebih mudah terkait penanganan mutu hasil. Sehingga ketika dipasarkan masih dalam kondisi yang baik,” ujarnya.

Pemerintah berkomitmen siap memfasilitasi masyarakat sesuai arahan Bupati Kukar, Edi Damansyah yang sangat fokus membangun pertanian dalam arti luas.

Bupati ingin menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan, apalagi lebih dari 60 persen ikan di Kukar menyuplai kebutuhan Kalimantan Timur (Kaltim).

“Tinggal kita melakukan penguatan penguatan agar produksi bisa meningkat terus dan tetap terjaga, terutama beberapa program-program kita untuk mendukung supaya nelayan dan pembudi daya ikan bisa terus berkembang,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button