Kutai TimurPariwara

Pemerintah Kutim Dukung Pengelolaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Upnews.id, YOGYAKARTA- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) mendukung Rencana Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Tuah Benua (TTB) Kutai Timur (Kutim) yang akan mengembangkan rencana bisnis. Salah satunya memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Dukungan tersebut disampaikan Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman pascakunjungan ke pabrik pengolahan AMDK Ayo (Air Yogja) milik Perumda PDAM Tirtamarta Pemerintah Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (11/5/2023) lalu.

Bupati Ardiansyah Sulaiman menjelaskan bahwa ide dan pembahasan rencana bisnis dimaksud sudah tercetus sejak setahun lalu. Agar Perumdam TTB bisa menindaklanjuti satu peluang rencana bisnis. Salah satunya air minum dalam kemasan yang bisa langsung bisa dikonsumsi.

“Alhamdulilah kami bisa mengunjungi pabrikasi milik Perumda PDAM Tirtamarta milik Pemkot Yogyakarta. Investasinya (AMDK) saya kira sangat lunak, tidak membutuhkan dana (modal) yang sangat besar,” katanya.

Lebih lanjut, ia optimis bahwa Perumdam TTB Kutim bisa merealisasikan rencana bisnis tersebut dalam satu atau dua tahun ini. Untuk itu dia meminta agar Dirut Perumdam TTB Kutim untuk segera melakukan rapat rencana bisnis sebagai tindak lanjut.

“Air baku kita cukup untuk memberikan daya dukung, mata air di Sekerat hingga embung yang ada,” ujar Ardiansyah.

Menanggapi dukungan itu, Dirut Perumdam TTB Kutim Suparjan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak pemerintah. Sesuai arahan Bupati Kutim berkaitan dengan rencana pembangunan unit usaha bisnis ini. Pihaknya siap melaksanakan program atau rencana bisnis dimaksud.

“Dalam waktu paling lama dua tahun insyaAllah akan terwujud. Air baku dan kesiapan teknis juga sudah mendukung,” kata Suparjan. (NT)

Baca Juga

Back to top button