Diskominfo KutimKutai Timur

Asisten Pemkesra Buka Pelatihan Operator Portal Satu Data

Upnews.id, Sangatta – Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono membuka pelatihan bagi operator portal satu data Kutim. Kegiatan digelar Dinas Komunikasi, Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper). Pelatihan dilaksanakan Selasa (4/7/2023) dan Rabu (5 Juli 2023) di Hotel Royal Victoria Sangatta.

Asisten Pemkesra Poniso Suryo Renggono meminta operator dalam penginputan informasi portal satu data Kutim, data yang diinput akurat, kredibel dan valid.

“Data bisa diakses oleh seluruh masyarakat Kutai Timur,” terangnya.

Selanjutnya, apabila ada keluhan atau laporan dari masyarakat untuk pemerintah, masyarakat bisa melaporkan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor. Data juga telah diolah oleh OPD.

” kalau ada kesalahan OPD yang bertanggung jawab,” katanya.

Kepala Diskominfo Staper Kutim Ery Mulyadi menjelaskan penggunaan portal satu data Kutim satu-satunya di Kaltim yang telah terintegrasi. Seluruh OPD harus menggunakan portal satu data Kutim.

“Pada (tahun) 2023 awal kemarin sudah disepakati ada 2214 jenis data dan telah disepakati oleh 65 kementerian dan lembaga beserta pokja di dalamnya,” tuturnya. (NT)

Back to top button