EkonomiKutai Timur

Inovasi Laskar Merah Putih Dimasa Pandemi Covid-19

Upnews.id, Sangatta- Pandemi Covid-19 hingga kini belum juga berakhir, namun justru alami peningkatan kasus terkonfirmasi tiap harinya. Dimasa sulit semacam ini, membuat sebagian orang justru berinovasi membuat trobosan demi meningkatkan perekonomian dimasa pandemi.

Salah satunya dilakukan oleh Kaspul Anwar yang juga ketua Laskar Merah Putih Kutai Timur, bersama ketua bidang UMKM LMP Kutim Dimas atau Boim dan anggota lainnya.

Demi mematangkan konsep inovasi, digelarlah rapat di Sekretariat Cabang Laskar Merah Putih Kutim Jalan Soekarno-Hatta, Sangatta pada (12/10/2020). Menurut Kaspul Anwar, organisasinya siap berinovasi dalam bidang UMKM, demi mewujudkan masyarakat yang mandiri dan kratif dimasa pandemi Covid-19.

“Selama masa pademi ini kami sangat prihatin dengan kondisi ekonomi lokal, khususnya para pelaku UMKM dan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Sangatta. Dimana kebutuhan hidup setiap hari terus berjalan, namun kondisi perekonomian lumpuh. Oleh sebab itu, kami harus bergerak agar kebutuhan hidup dapat terus terpenuhi,” jelas Kaspul.

 

Foto : Istimewa – LMP Kuitm Usai Menggelar Rapat

“Alhamdulilah saya bersama anggota bergerak dan mensosialisasikan kepada para pelaku UMKM agar terus bergerak serta mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M (Memakai Masker, Menjaga arak dan Mencuci tangan).dalam menghadapi pademi Covid-19.saat ini,” tambahnya.

Sementara itu, Boim selaku Ketua Bidang UMKM menyebut siap berinovasi membantu dan mewujudkan masyarakat yang mandiri dan kreatif. Terlebih mendapatkan support dan fasilitas dari Ketua LMP, berupa tempat usaha dan transportasi.

“Dalam trobosan ini akan segera digerakan UMKM Laskar Merah Putih dengan membuka peluang usaha mandiri dibidang laundry dan makanan,” jelas Boim.

Boim menambahkan,jika inovasi itu sekaligus mengajak masyarakat untuk berwirausaha mandiri dan kreatif, sehingga perekonomian lokal tetap jalan. Trobosan laundry menjadi langkah awal yang akan dibuka oleh LMP Kutai Timur, untuk beberapa hari kedepan dan mengajak masyarakat untuk menjadi agen laundry.

“Persiapan hingga kini telah mencapai 80%, dimana modalnya berasal dari Laskar Merah Putih Cabang Kutai Timur. Sehingga masyarakat atau para pelaku yang bergabung di UMKM kami, akan mendapat pembinaan usaha dan fasilitas yang disiapkan nanti,” imbuhnya

Fasilitas yang akan disiapkan berupa papan usaha dan jasa antar jemput laundry, diharapkan dengan adanya usaha ini dapat membantu perekonomian masyarakat menjadi makin mandir. (nz)

Baca Juga

Back to top button