Diskominfo Kaltim

Gubernur Kaltim Hadiri Mubes DPP IA KPMKT 2023, Ingatkan Pentingnya Berdaya Saing dan Integritas

Upnews.id, SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor dan Ketua Umum IA KPMKT Profesor Abdul Rahim meghadiri Musyawarah Besar (Mubes) IV Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalimantan Timur (IA KPMKT) Tahun 2023.

Mubes selama satu hari tersebut diawali tarian jepen selamat datang khas pesisir Benua Etam yang kemudian dirangkai pelantikan DPP IA KPMKT di Pendopo Kolam Ulin Jalan PM Noor Samarinda.

“Semoga mubes keempat ini berlangsung sukses dan menghasilkan program serta rekomendasi terbaik bagi anggota dan masyarakat Kaltim,” harap Gubernur Isran Noor, Sabtu (27/5/2023).

Acara bertema Peran Strategis IA KPMKT Dalam Membangun Sumber Daya Kalimantan Timur Yang Berdaya Saing dan Berintegritas menurut orang nomor satu Benua Etam ini sangat relevan dengan kondisi Kalimantan Timur saat.

“Berdaya saing dan berintegritas itu sangat penting,” tegas Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini.

Karenanya, lanjut Isran, untuk mewujudkan daya saing dan integritas maka sumber daya Kaltim, khususnya pengurus dan anggota IA KPMKT harus percaya diri, meningkatkan kapasitas diri, pengetahuan, wawasan, pengalaman membangun strategi serta taktis (bergerak cepat).

“Peran itu harus kita terapkan dan kembangkan agar IA KPMKT memiliki andil besar dalam membangun Kaltim, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Diakuinya, jika selama ini peran sumber daya alam Kalimantan Timur berkontribusi sangat besar dalam membangun bangsa dan negara.

“Tapi, melalui IA KPMKT, kita tunjukan peran sumber daya manusia Kaltim juga berperan membangun bangsa dan negara ini, terlebih setelah Ibu Kota Nusantara ditetapkan di sini,” harap mantan Bupati Kutai Timur ini.

Ketua Umum IA KPMKT periode 2019 – 2023 Profesor Abdul Rahim menyebutkan Mubes IV IA KPMKT diikuti sembilan pengurus cabang dari sebelas pengurus cabang IA KPMKT di seluruh Indonesia.

“Kita terus berupaya membangun komunikasi dengan teman-teman, para alumni, hingga terbentuk cabang-cabang di tidak saja di kabupaten dan kota tetapi provinsi-provinsi lain di Indonesia, seperti yang ada saat ini,” ujarnya.

Pengurus cabang yang hadir dan mengikuti mubes serta menyampaikan dukungan terdiri Pengurus Cabang Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Koordinator Wilayah Selatan (Penajam Paser Utara, Paser dan Balikpapan), Koordinator Wilayah Barat (Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Mahakam Ulu).

“Tidak hadir terdiri Pengurus Cabang Sulawesi Selatan dan Koordinator Wilayah Timur (Kutai Timur, Bontang dan Berau),” sebutnya.

Hadir Gubernur Kaltim periode 2008 – 2018/Ketua Dewan Penasehat IA KPMKT Dr H Awang Faroek Ishak, Dewan Penasihat dan Dewan Pakar DPP IA KPMKT, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, Anggota DPDRI Nanang Sulaiman, pengurus cabang IA KPMKT seluruh Indonesia dan tokoh masyarakat Kaltim. (adv/diskominfo kaltim)

Baca Juga

Back to top button