Kutai TimurPendidikan

Disdikbud Kutim Gelar Penguatan Kelembagaan dan Manajemen PAUD

Upnews.id, Jakarta – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengambil langkah konkrit mematangkan program yang menjadi sektor andalan pendidikan. Salah satunya di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Dalam memantapkan tujuh program prioritas Pemkab Kutim, dimana salah satunya pendidikan, digelarlah sosialisasi dirangkai dengan bimbingan teknis (Bimtek) Penguatan Kelembagaan dan Manajemen PAUD yang diinisiasi oleh Bagian Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Disdikbud Kutim dimulai Kamis (9/11/2023) hingga Sabtu (11/11/2023) mendatang di Lantai M, Ruang Muria Hotel Kimaya, Kawasan Slipi Jakarta Barat.

Baca Juga : Lepas Kontingan IGKTI Kutim ke Jakarta, Bunda Paud Minta Terus Jaga Kekompakan dan Nama Baik Daerah

Dalam kegiatan ini hadir langsung Bunda PAUD Kutim Siti Robiah Ardiansyah didampingi Kepala Disdikbud Kutim Mulyono, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Kutim Achmad Junaidi serta narasumber dari Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kasi PAUD dan Dikmas yakni Wawan Sofwanudin.

Undangan yang hadir yakni perwakilan mitra perangkat daerah (PD) di lingkungan Pemkab Kutim mulai dari DPMDes Kutim, Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) serta mitra pendidikan Disdikbud Kutim mulai dari perwakilan Paguyuban TK Negeri (TKN) Kutim, HIMPAUDI, DPC PPPAUD, Pokja Bunda PAUD dan sebagainya.

Kegiatan dibuka secara simbolis oleh Kepala Disdikbud Kutim Mulyono dengan mengalungkan ID card sebagai tanda peserta.

Dalam laporannya, Ketua Panitia sekaligus Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Kutim Achmad Junaidi menegaskan jika kegiatan ini ditujukan untuk bagaimana memberikan penguatan sekaligus evaluasi serta refreshing (penyegaran) terutama dalam pengelolaan PAUD.

“Ya tujuan ke depan bekerja mengangkat nama Bunda PAUD Kutim dalam memajukan PAUD lewat menaikkan rapor (laporan resmi) sekaligus bersinergi bersama mitra terkait. Jadi bukan tugas hanya Disdikbud Kutim saja, kami ingin berkolaborasi dengan mitra Disdikbud agar semuanya solid dan kompak,” tegasnya.

Ditambahkan Jun sapaan akrabnya, jika hal ini fokus dan hasilnya untuk pengelolaan PAUD Kutim berjalan harmonis.

“Makanya kita belajar sekaligus apa-apa saja yang akan kita kerjakan selanjutnya. Untuk itu kita mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya dari Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk bisa menyerap ilmu dan manfaat dari beliau terutama dalam kebijakan daerah dalam pengelolaan PAUD dan hal-hal yang perlu dilakukan oleh Bunda PAUD,” tambahnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kutim Siti Robiah Ardiansyah mengapresiasi kegiatan ini. Tentunya lewat diskusi yang berjalan hangat ini dapat menjembatani PAUD dan PD yang menjadi mitra strategis dari Disdikbud Kutim.

“Lewat kemitraan yang terjalin pastinya dapat menguatkan komitmen memajukan PAUD Kutim dengan program yang sudah dijalankan dengan baik lewat gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” urainya.

Baca Juga : Bupati Kutim Tutup Bimtek Penguatan Transisi PAUD ke SD

Kemudian, dalam hal ini Disdikbud Kutim melakukan sosialisasi dan bimtek ini tentunya agar guru PAUD dan SD dapat memahami betul transisi yang dijalankan sesuai arahan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kaltim.

“Guru PAUD dan SD sudah mendapatkan dari Bimtek dari BPMP, makanya hari ini kita matangkan serius dalam peningkatan pengelolaan PAUD Kutim. Hingga kini sudah ada sekitar 1.000 guru yang sudah ikut Bimtek yang terbagi dalam 5 angkatan dan terbagi di 5 zona. Harapannya ke depan, PAUD di Kutim semakin berkualitas lewat bantuan guru yang mendedikasikan dirinya konsisten memajukan pendidikan daerah,” singkatnya. (*/An/Disdikbud)

Back to top button