EkonomiHeadlineKutai Timur

Kapal LCT Pengangkut Truk Sawit Terbalik di Sangkulirang

Upnews.id, Sangatta – Sebuah Kapal Landing Craft Tank (LCT) Rimba Raya 9 terbalik di Sungai Kelolokan Kecamatan Sangkulirang pada Minggu (09/1/2021) sekira pukul 10.00 Wita.

LCT yang diketahui dari pelabunan Ronggang Sangkulirang itu, membawa 6 truk muatan Buah Tandan Segar (TBS) Kelapa Sawit, dengan tujuan PT Hanusentra Agro Lestari (HAL), di Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang.

Baca Juga : Waspada!! Jembatan Baily Jalan Sangatta-Ranpul Kritis

Menurut keterangan Camat Sangkulirang, Rahmad. Aktivitas LCT pengangkut TBS dari pengepul Kelapa Sawit ke PT HAL menjadi rutinitas hari-hari, lantaran truk dengan kapasitas 8 ton dilarang melintasi jembatan Sangkulirang.

Pada saat kejadian, LCT telah sandar di Pelabuhan Desa Pelawan untuk bongkar muatan. Demi menjaga keseimbangan kapal, idealnya antara truk sebelah kiri dan kanan harus beriringan saat meninggalkan kapal.

“Begitu sebelah kiri meninggalkan LCT, seharusnya diikuti oleh sebelah kanan supaya seimbang. Rupanya truk satunya lambat, begitu lambat, posisi LCT bergeser kehilangan keseimbangan, ya pelan-pelan tenggelam,” jelas Camat saat dikonfirmasi via telephone (9/1/2021).

Baca Juga : Pabrik Kelapa Sawit di Kecamatan Sangkulirang Terbakar

Beruntung dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa, namun 5 truk dengan muatan penuh TBS ikut tenggelam dan tertindis badan LCT.

Petugas Melakukan Pemeriksaan Pasca Terbaliknya LCT Di Sangkulirang
Petugas Melakukan Pemeriksaan Pasca Terbaliknya LCT Di Sangkulirang (Foto : Istimewa)

Penanganan musibah ini saat ini ditangani oleh Polairud dan Polsek Sangkulirang. Untuk proses evakuasi akan dialnjutkan besok sembari menunggu bantuan dari perusahaan.

Sementara itu, M. Sofian selaku anggota Syahbandar Sangkulirang menjelaskan. Jika secara teknis muatan LCT masih sesuai standar. Hanya saja seharusnya saat melakukan muat truk ke LCT diikat menggunakan lashing.

Baca Juga : Lanal Sangatta Percantik Pulau Miang, Tunjang KBN

“Tidak ada lashing untuk mengikat truk, jadi saat bongkat muat terjadi oleng dan tidak ada keseimbangan,” sebutnya.

Diketahui, kejadian terbaliknya LCT yang memuat truk pengangkut TBS ini merupakan yang pertama di Sangkulirang. (NZ)

Baca Juga

Back to top button