Kutai Kartanegara

Kelurahan Baru Latih Sukarelawan Ikuti Pelatihan Pemadam Kebakaran

Upnews.id, TENGGARONG-Pemerintah Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), melatih anggota Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana atau balakarcana mengikuti pelatihan pemadaman kebakaran.

Kegiatan ini sebagai upaya, mengantisipasi dan mengurangi bencana kebakaran yang terjadi di musim kemarau.

Pelatihan ini diikuti 20 anggota balakarcana, yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Baru dengan menghadirkan narasumber kompeten.

Narasumber tersebut berasal dari Basarnas Samarinda, serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kukar.

Lurah Kelurahan Baru, Bayu Ramanda Jumat (13/10/2023), mengatakan kegiatan ini sengaja digelar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat saat menghadapi kobaran api.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan semangat masyarakat di Kelurahan Baru terkait pemadam kebakaran,” ujarnya.

Nantinya setelah pelatihan, Kelurahan Baru akan melanjutkan rekrutmen terkait arahan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar untuk program relawan.

Sementara itu, Koordinator Siaga Satu Reserse Basarnas Samarinda, Riqi Efendi, mengatakan pelatihan ini mencakup ilmu Pertolongan Pertama Medis (Medical First Responder/MFR).

Ilmu tersebut diberikan untuk memberikan pengetahuan mengenai pertolongan pertama saat menemukan korban.

MFR merupakan langkah awal dalam tim penyelamatan yang bertujuan untuk menyelamatkan diri sendiri, lingkungan, tim, dan korban.

“Peserta diharapkan memahami kompetensi yang diperlukan dan terus berlatih, karena ilmu-ilmu ini terus berkembang.” katanya. (Adv)

Baca Juga

Back to top button