Upnews

Asisten Ekbang Kutim Buka Bimtek Penyusunan Pelaporan Keuangan

Upnews.id, SAMARINDA – Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setkab Kutim H Zubair mengatakan, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) diharapkan menjadi mesin ekonomi paling utama di tengah masyarakat. Jika BUMDES itu berjalan baik, roda di pedesaan akan terus meningkat.

Hal itu diungkapkan mantan Kepala Badan Litbang Kutim tersebut, ketika membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Pelaporan Keuangan kepada Ketua dan Bendahara Bumdes se-Kutim, di Hotel Haris, Samarinda, Senin (20/11/2023).

Bimtek itu dimaksudkan meningkatkan pengetahuan, kapasitas dan kemampuan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Zubair mengapresiasi kegiatan Bimtek yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kutim. Pasalnya dengan adanya Bimtek ini kemampuan Ketua dan Bendahara BUMDES pasti dapat lebih meningkat lagi ke depan.“Ini langkah nyata, satu aksi yang mewujudkan kemandirian masyarakat. Mesin ekonomi yang paling utama di masyarakat adalah Badan Usaha Milik Desa,” kata Zubair.

Tak lupa, Zubair berpesan kepada DPMDes agar setelah Bimtek ini para peserta harus dievaluasi. Semacam Pre-Test dan Post-Test. Supaya hasilnya lebih bagus. Namun apabila sebaliknya harus ditempa lagi dengan Bimtek yang lebih mendalam.

“Karena peluang kita (daerah Kutim) sangat besar, banyak faktor yang mendukung setiap desa. Bahkan Kutim sudah ditetapkan menjadi Super Hub untuk IKN,” ujar mantan Sekretaris Bappeda Kutim ini.

Zubair menambahkan para Bumdes ini harus bisa menatap masa depan, untuk mempromosikan serta menjual produk andalan di IKN kelak. Bumdes juga harus bisa memproduksi produk andalan skala besar secara terus-menerus dan paling penting harus melibatkan masyarakat.

“Bukan hanya organisasi Bumdes saja yang berperan tetapi masyarakat harus dilibatkan. Melakukan usaha yang produktif dan menciptakan kemandirian ekonomi mereka,” tegasnya.

Sekadar diketahui, Bimtek tersebut dihelat selama 3 hari mulai Senin (20/11/2023) sampai Rabu (22/11/2023). Kegiatan itu menghadirkan narasumber dari Bankaltimtara Riki Andriani dan Desi. Serta dari Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Banjarmasin Diah Novitasari.

Sementara itu, Kepala DPMDes Kutim Yuriansyah T menyampaikan digelarnya Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan, kapasitas dan kemampuan peserta dalam menyajikan laporan keuangan BUMDes yang transparan dan akuntabel.

“Ada 80 Bumdes yang aktif se-Kutim mengikuti agenda ini, diwakili oleh ketua dan bendahara. Jadi pesertanya ada 160 orang,” ujar mantan Camat Batu Ampar ini.(Adv)

Baca Juga

Back to top button